Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Beginilah Menggunakan Gigabit Ethernet

Beginilah Menggunakan Gigabit Ethernet
Beginilah Menggunakan Gigabit Ethernet - Banyak motherboard yang menggunaan feature "Gigabit Ethernet" sebagai alat marketing mereka. Sebenarnya, kinerja maksimal Gigabit Ethernet baru bisa dirasakan bila server menggunakan 64 bit PCI atau dipadu dengan motherboard yang memiliki PCI Express. Dalam banyak kasus, sering kali manfaat Gigabit Ethernet ini tidak didukung dengan infrastruktur yang sesuai, seperti server, switch atau kabel sehingga teknologi baru ini tidak maksimal. Bila ingin mengoptimalkan pemakaian Gigabit Ethernet, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut, terutama saat pembelian barang.

Teknologi Gigabit yang sebenarnya bukanlah seperti yang ditawarkan oleh motherboard Pentium 4 atau Athlon. Gigabit Controller di dalamnya tidak mendukung kinerja Gigabit secara penuh. Seperti halnya Network card, controller ini menggunakan PCI Bus yang pada prinsipnya hanya mampu mentransfer 133 Mbps, padahal sebuah Gigabit Controller dapat berkomunikasi secara duplex (paralel menerima dan mengirim) dengan bandwidth sebesar 200 Mbps. Pada prakteknya, kecepatan ini memang bisa berkurang. Kemampuan PCI Bus hanya terbatas sampai 133 Mbps untuk semua perangkat PCI. Bila PCI Bus masih dibebankan dengan RAID Controller, kecepatan ini bisa menjadi setengahnya.

Manfaat maksimal Gigabit hanya dapat diperoleh dengan menggunakan motherboard 64 bit PCI, seperti yang banyak ditawarkan oleh motherboard untuk server dan Intel CSA Controller pada motherboard berchipset i865 atau i875. Solusi terbaru bisa diperoleh dari PCI Express Controller, baik menggunakan Gigabit PCI Express Card ataupun onboard Gigabit. Semua solusi di atas menawarkan bandwidth yang berlebih untuk mengoptimalkan Gigabit (minimal 250 Mbps). Network card untuk PCI Express saja sebenarnya kurang memadai. Namun, dengan SK-9E21D dari Syskonnect kinerjanya sudah cukup lumayan. Untuk onboard Gigabit, dapat memilih motherboard ASUS P5AD2 Premium. Motherboad Pentium 4 ini menawarkan dua PCI Express Gigabit Controller sekaligus, ditambah dengan 54 bitW-LAN. Dengan feature ini, Anda bisa memasang network gateway dan network Access Point. Walaupun server sudah dilengkapi dengan hardware Gigabit, kinerja maksimalnya perlu didukung dengan workstation berteknologi 100 Mbps yang terhubung dengan Gigabit switch atau 100 Mbps switch dengan uplink Gigabit. Switch ini akan membagi bandwidth server ke semua workstation yang terhubung. Selain itu, lebih banyak PC dengan 100 Mbps yang dapat mengakses server secara simultan. Kinerja Gigabit ke workstation sudah dapat diperoleh dengan jaringan dengan kabel yang sudah banyak dipakai. Perangkat Gigabit bahkan bisa terhubung dengan kabel CAT5. Namun, tidak dengan teknologi duplex karena bandwidth bisa berkurang menjadi setengahnya. Untuk mendapatkan kecepatan maksimal Gigabit harus didukung dengan kabel Ethernet CAT6 atau CAT7 yang dirancang khusus untuk sinyal 300 MHz atau 600 Mhz. Harga kabel Ethernet dan patch cable ini pun tergolong tidak mahal.

Manfaat optimal Gigabit hanya bisa diperoleh dengan PCI Express pada motherboard generasi baru (seperti Asus P5AD2 Premium).

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Beginilah Menggunakan Gigabit Ethernet" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode