Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Melindungi Notebook dan Perangkat Mobile

Melindungi Notebook dan Perangkat Mobile
Melindungi Notebook dan Perangkat Mobile - Pengamanan teknologi informasi lebih dari sekedar pengamanan terhadap virus dan hacker. Hal ini dikarenakan data yang ada dapat hilang setiap saat dengan berbagai cara dan alasan. Umumnya para Administrator menggunakan metode pengamanan yang berfokus pada ancaman yang berasal dari luar. Namun, patut disadari juga, ancaman potensial juga dapat berasal dari dalam jaringan internal. Ancaman-ancaman seperti ini sebenarnya dapat ditanggulangi dengan beberapa aturan-aturan sederhana dan solusi-solusi teknis.

1. Menggunakan teknologi biometrik
Penggunaan teknologi biometric sebagai alternatif pengamanan data di samping password bukanlah suatu hal yang aneh saat ini. Saat ini, produsen-produsen perangkat yang mendukung teknologi ini berlomba-lomba membuat inovasi bagi konsumennya dengan menawarkan feature-feature tambahan di samping feature keamanan seperti kecepatan scanning tinggi, ketepatan scanning, dan harga yang ditawarkan untuk perangkat ini juga relatif cukup murah. Umumnya data user, contohnya sidik jari, disimpan dalam sebuah media smart-card khusus.

2. Mengaktifkan proteksi password tambahan
Anda dapat mengaktifkan feature di mana ketika PC diaktifkan dari modus Standby maupun Hibernate, sistem akan menanyakan password terlebih dahulu untuk dapat masuk ke sistem secara penuh. Hal ini tentunya akan memberikan rasa aman selama pengguna sedang beristirahat minum kopi maupun ke toilet sebentar.

3. Menginstalasi virtual drive
Informasi berharga seperti laporan bisnis, dokumen pribadi, data pelanggan, atau hasil penelitian sebaiknya tidak disimpan dalam bentuk data elektronik tanpa dilengkapi dengan proteksi. Anda dapat melindungi dokumen dalam bentuk kertas dari pihak yang tidak berhak dengan menggunakan lemari dan brankas. Sementara untuk dokumen digital, Anda dapat menggunakan beberapa cara, di antaranya dengan menyimpannya ke dalam sebuah virtual drive yang terenkripsi. File-file tersebut Anda simpan di media hard disk lokal, folder jaringan, perangkat PDA, atau pada media mobile lainnya seperti USB drive, flash card, CD/DVD-ROM, dan disket. Untuk memastikan data Anda lebih aman, Anda dapat mengeset supaya proses enkripsi dapat dilakukan secara otomatis di latar (background) tanpa perlu campur tangan dari user. Hal ini dimaksudkan supaya user tidak perlu lagi memikirkan langkah-langkah yang diperlukan untuk memproteksi data setiap data baru disimpan.

4. Tutup akses ke media data lain
Feature plug & play yang dapatditemui pada semua PC keluaran terbaru saatini menyisipkan celah keamanan yang cukup mengkhawatirkan. Dengan mudah Anda dapat memasukkan USB disk atau hard disk eksternal ke PC, dan perangkat itu dapat dikenali secara otomatis dan siap digunakan dalam waktu yang relaltif singkat. Setelah itu, Anda dapat meng-copy semua file yang ada di PC ke media eksternal tersebut. Hal ini membuat keamanan data Anda berada dalam tahap yang mengkhawatirkan. Untuk itu PC Anda perlu dikonfigurasi untuk memblokir dan mengabaikan media eksternal yang mungkin dicolokkan ke PC tersebut. Setting ini juga dapat meminimalisir kemungkinan masuknya virus atau worm ke sistem PC Anda.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Melindungi Notebook dan Perangkat Mobile" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode