Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Mengenal Microsoft Visual C++ Secara Detail


Bahasa pemrograman untuk Windows yang dipakai oleh Microsoft saat ini antara lain Visual C++, Visual J++, dan Visual Basic. Bahasa lain yang  digunakan  oleh  programer  Delphi.  Pemilihan  bahasa  pemrograman, selain tergantung dari kebiasan programer, juga harus disesuaikan dengan aplikasi yang akan dibuat. Kesalahan pemilihan bahasa dapat berakibat pada kemampuan aplikasi yang rendah, sintaks yang panjang dan berbelit-belit, dan yang  jarang  diperhatikan oleh  kebanyakan  orang  adalah  eksekusi aplikasi membutuhkan waktu yang lama.
Windows dibangun oleh bahasa C++. Dengan demikian, aplikasi yang dibuat  dengan  Visual  C++  akan  lebih  mudah  menyesuaikan  diri  dengan Windows. Visual C++ sangat cocok untuk aplikasi penolahan data (dokumen) misalnya Micosoft Word, dan lain-lain. 
Perbandingan antara Visual Basic dengan Visual C++ adalah Visual Basic mempunyai perintah yang relatif pendek tetapi banyak. Objek yang akan digunakan oleh programer sudah disediakan oleh kompiler. Akibanya adalah efisiensi dari aplikasi yang dibuat akan berkurang. Mengapa? Sebab perintah atau objek yang tidak dipakai juga mendapat perhatian dari kompiler. Kecepatan eksekusi akan menurun jika file executable yang dibuat besar. 
Visual C++ memiliki perintah yang sangat sedikit. Bahkan kalau kita menengok C hanya memiliki perintah sebanyak 32 perintah. Kecanggihan dari Visual C++ bukan terletak dari banyaknya perintah, akan tetapi karena Visual C++ memiliki bahasa yang fleksibel, kaya dengan operator, dan didukung oleh pustaka fungsi yang sangat banyak. Visual C++ didukung pustaka ATL (Acticve Template Library) dan MFC (Microsoft Foundation Class). Yaitu pustaka yang menyediakan kelas dasar yang dapat diturunkan. Dengan Visual C++,  seorang  programer  dapat  membuat  sebuah  aplikasi  berskala  makro dengan mudah karena aplikasi tersebut terdiri dari kelas-kelas.
Keunggulan Visual C++ dalam hal kecanggihan dan kecepatan proses serta banyaknya fasilitas yang tersedia tidak dimiliki oleh Visual Basic. Ini disebabkan karena Visual C++ memiliki type data yang banyak serta dapat mengatur  pengalokasian  memori  dengan  baik.  Adanya  pointer  adalah kelebihan bahasa C++ yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Kalau hanya mengandalkan kemudahan dalam membuat program, tampaknya Visual Basic memang lebih baik, namun tidak untuk hasil yang maksimal.
Jika Anda ingin membuat program sederhana dan kecil, Anda akan lebih  mudah jika  menggunakan  Visual  Basic.  Jika  Anda  ingin  membuat program berskala besar dengan kemapuan dan kecepatan yang tinggi, gunakan Visual C++. Perlu dicatat bahwa library yang dibuat oleh Visual C++ bisa dipakai  oleh  Visual  Basic,  tetapi  tidak  sebaliknya,  karena  Visual  Basic mempunyai keterbatasan dalam hal tipe data. Jadi, untuk tipe data tetentu, Visual Basic tidak dapat menyediakan.
Untuk dapat membuat program dengan Microsoft Visual C++ 6.0, Anda harus memahami bahasa C/C++. Meskipun demikian, Anda tidak wajib untuk menguasainya seluruhnya, sebab bahasa C/C++ adalah bahasa yang fleksibel. Dengan fleksibilitas ini, Anda dapat menuliskan kode program Anda tanpa terpaku dengan aturan yang baku.
Anda  juga  dapat  mengganti  kata  tertentu  dengan  subtitusi  makro. Dengan cara ini, source code program Anda dapat ditulis dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Jambi, dan sebagainya. Tidak hanya fungsi, melainkan semua, baik kata kunci, nama kelas, operator, ataupun nilai.
Jika Anda adalah seorang yang tidak ingin kreativitasnya dibatasi oleh keadaan,  Visual  C++  cocok  untuk  Anda  pelajari.  Di  sinilah  kemampuan seorang programer dapat tercurah hingga titik penghabisan untuk hasil yang maksimal.

Alasan menggunakan Visual  C++ :
  • C++ adalah bahasa pemrograman yang populer saat ini 
Dengan  banyaknya  programmer  bahasa  C++,  membawa  pengaruh  pada semakin banyaknya kompiler yang dikembangkan untuk berbagai platform (berpengaruh ke portabilitas). 
  • C++ adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi 
Program C++ yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita kompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C++. 
  • C++ adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikit
Kata  kunci  disini  adalah  merupakan  fungsi  ataupun  kata  dasar  yang disediakan  oleh kompiler  suatu  bahasa  pemrograman.  Hal  ini  membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan C++. Pengaruh lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C++ yang sangat cepat. 
  • C++ adalah bahasa pemrograman yang fleksibel
Dengan  menguasai  bahasa  C++,  kita  bisa  menulis  dan  mengembangkan berbagai jenis program mulai dari operating system, word processor, graphic processor, spreadsheets, ataupun kompiler untuk suatu bahasa pemrograman.
  • C++ adalah bahasa pemrograman yang bersifat moduler
Program  C++  ditulis  dalam  routine  yang  biasa  dipanggil  dengan  fungsi. Fungsi-fungsi yang telah kita buat, bisa kita gunakan kembali (reuse) dalam program ataupun aplikasi lain.

Alasan  paling  penting  memilih  bahasa  C++  adalah  bahwa  dengan bahasa  ini,  programer  dapat  membuat  sebuah  aplikasi  yang  mempunyai kemampuan yang tinggi. Dengan C++, kemampuan programer tidak dibatasi. Programer dapat membuat sebuah aplikasi berskala besar tanpa ada batasan.

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa C++ :
  • Kelebihan Bahasa C++
  1. Bahasa C++ tersedia hampir di semua jenis komputer.
  2. Kode bahasa C++ dengan portabilitas dan fleksibilitas yang tinggi untuk semua jenis komputer.
  3. Bahasa  C++  hanya  menyediakan  sedikit  kata-kata  kunci  (hanya terdapat 48 kata kunci).Proses eksekusi program bahasa C++ lebih cepat. Dengan demikian, aplikasi yang dibuat dengan bahasa C++ akan menjadi aplikasi yang efisien dan kompetitif.
  4. Dukungan  pustaka  fungsi  dan  kelas  yang  banyak  sehingga memungkinkan pembuatan aplikasi makro.
  5. C++ adalah bahasa yang terstruktur, dengan demikian akan lebih mendukung OOP.
  6. Bahasa  C++  termasuk  bahasa  tingkat  menengah  dan  lebih  dekat dengan bahasa mesin.
  7. Kode program bersifat reuseable, sehingga dapat digunakan kembali pada project lain dengan hanya menggunakan library dan file header.
  8. C++ dapat membuat aplikasi graphic processor berkualitas tinggi.

  • Kekurangan Bahasa C++
  1. Banyaknya  operator  serta  fleksibilitas  penulisan  program  kadang-kadang membingungkan pemakai (pemula).
  2. Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer

Meskipun telah kita ketahui bahwa C++ adalah bahasa yang sangat menguntungkan, namun untuk membuat sebuah program makro, diperlukan wawasan yang luas, logika yang rumit, dan sintaks yang panjang. Sebagai contoh, kita ingin membuat sebuah aplikasi text editor yang mendukung html, selain harus menguasai kelas  string, document, dan view, kita juga harus memahami html. Belum lagi ditambah dengan kita harus menguasai logika program yang kompleks. 
Sebuah aplikasi profesional yang dipakai secara luas, biasanya dibuat oleh tim atau seorang programer yang mempuni. Namun yang paling banyak adalah aplikasi yang dibuat oleh tim, seperti Microsoft Office, Macromedia Flash MX, Adobe Phothoshop, dan sebagainya.

Berlangganan artikel via email

6 Response to "Mengenal Microsoft Visual C++ Secara Detail"

Bagus gan artikelnya..
Numpang tanya , Boleh? boleh aja ya :-D
Saya menggunakan Visual C++ di VS 2010 yang saya tanyakan..
Perbedaan ATL, CRL dan win32 itu apa yah gan?
Ane bingung banget antara milih ketiga-tiganya..
Terimakasih gan

Balas

tamplan blognya keren, terlebih pada gambar yang berubah2 nya (y)

Balas

Oh jadi seperti itu, hmm

Balas

software ini yang cari selama ini...tapi masih belajar C++ sih hehhe

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Mengenal Microsoft Visual C++ Secara Detail" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode