Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Beginilah ICS Berfungsi

Beginilah ICS Berfungsi
Beginilah ICS Berfungsi - Terdapat empat kemungkinan untuk  menghubungkan  LAN dengan Internet, yaitu melalui router  berbasis  software  atau hardware,  Proxy  Server  atau Software  NAT  seperti  ICS.  NAT merupakan  singkatan  dari Network  Address  Translation, yaitu  cara  mengirimkan  paket data dari Client ke Server yang diinginkan  di  Internet.  NAT-Server  (ICS-Host)  kemudian menerima  respons  dari  server tersebut dan  meneruskannya ke client.

Cara  Kerja  NAT  Server:
Agar dapat berfungsi,  Server  menyimpan  sebuah  tabel  yang berisi  Source  IP  Address  dan Source Port Number dari setiap data  paket yang  diteruskan. Saat meneruskannya  ke Internet Server,  NAT-Server mengganti  data  ini  dengan alamat IP  dan  Port Number sendiri.  Paket data  yang diterima  dari  Internet kemudian diperiksa oleh NAT Server. Jika  request tersebut tercatat dalam  tabel,  maka  paket data diteruskan  ke  client yang memintanya.  Apabila  tidak ada,  paket data  akan  dikembalikan. Oleh karena alamat IP client tidak terekspos ke dunia luar, NAT juga berfungsi sebagai  pertahanan  terhadap  serangan luar.

XP  dengan  NAT  Traversal:
Beberapa  aplikasi  memang bermasalah dengan metode ini sehingga  aplikasi  tersebut tidak  bisa  terhubung  ke Internet. Ini terjadi bila aplikasi tersebut tidak  mengenali perubahan  alamat NAT  Server atau  menggunakan  Outgoing Port yang  salah  atau  yang bersifat tetap. Oleh  karena  itu,  Microsoft menyertakan  NAT  Traversal dalam  Windows  XP.  Teknik  ini menjamin  aplikasi  bisa  menemukan NAT Server dan melakukan  konfigurasi  secara  otomatis. Syaratnya, NAT-server mendukung  Universal  plug  &  play (UPnP), yaitu teknik plug & play melalui jaringan. Jadi, penerjemahan Port Number yang disebut sebagai  "Port Mapping" dapat dilakukan langsung oleh program atau melalui script. Demikian  juga  dengan  firewall  Windows  XP.  Agar  dapat berfungsi,  program  ini disesuaikan  dengan  NAT  Traversal dan UpnP.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Beginilah ICS Berfungsi" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode