Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Memilih Server yang Tepat

Memilih Server yang Tepat
Memilih Server yang Tepat - Pada umumnya, jaringan yang terdiri dari 10 sampai 20 PC cukup menggunakan PC Server kelas Pentium III. Sistem operasi, seperti  Windows 2000/XP, sebenarnya hanya menggunakan sedikit kinerja CPU walaupun tergolong boros resource. Linux pun saat ini sudah cukup memuaskan. Di sini, yang perlu diperhatikan adalah kapasitas RAM. Memori sebesar 256 MB sudah tergolong cukup. Selebihnya, tergantung dari kebutuhan penggunaan server. Bila fungsi utamanya sebagai Print Server atau Internet Gateway, kapasitas dan kecepatan hard disk tidak terlalu penting. Server tidak perlu menggunakan graphics card dan monitor yang terlalu mahal. Chipset dan BIOS motherboard sebaiknya yang terbaru bila Anda menggunakan sistem operasi terbaru. Jadi, instalasi driver menjadi lebih mudah karena sudah kompatibel.

Bila server digunakan untuk mengolah data dalam jumlah besar secara terpusat atau menjadi pusat penyimpanan data dalam jaringan, server membutuhkan satu atau lebih hard disk yang besar. Selain itu, bila ingin membackup data setiap hari untuk keamanan data, perlu mempertimbangkan RAID Controller dan data di server disimpan dalam beberapa hard disk sebagai mirror (RAID Level 1). Jika salah satu hard disk terganggu, server akan menggunakan hard disk yang lain. RAID Level 0 memang cepat, namun keamanan data berkurang. Jika salah satu hard disk rusak, semua datanya akan hilang. Peningkatan kecepatan yang dicapai dengan sistem ini juga tidak signifikan dalam jaringan 100 Mbps karena adanya pembatasan bandwidth.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Memilih Server yang Tepat" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode