Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Pentingkah Kontes SEO ? Untuk Apa ?



Untuk sebuah pengalaman yang sangat berharga dan bermanfaat akan bisa kita dapati dengan kemampuan yang kita miliki untuk mengikuti kontes SEO. Dengan mengikuti kontes SEO,  dapat kita jadikan sebagai hasil pembelajaran sejauh mana kemampuan kita dalam menerapkan teknik SEO. Kontes SEO adalah ajang pertandingan untuk memperebutkan posisi teratas blog (artikel) peserta pada halaman hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara dengan batasan waktu yang telah ditentukan. Kontes SEO ini menuntut keahlian mengoptimasi situs dan artikel agar dapat tampil di halaman pertama hasil Search Engine, sehingga peserta pasti akan mempersiapkan diri semaksimal mungkin mulai dari kemampuan, ilmu, taktik/teknik maupun strategi. Dalam penilaian kontes SEO yang menjadi juri utama adalah Search Engine, berdasarkan kata kunci yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Untuk Ranking atau peringkat blognya sendiri biasanya bebas. Pagerank dan Backlink google di kontes SEO sangat berarti dan mempunyai pengaruh yang sangat besar. Blog baru kadang diperbolehkan, semua tergantung dari ketentuan dan syarat yang dibuat oleh panitia kontes.
SEO dalam blog merupakan hal yang sangat penting untuk mewujudkan eksistensi blog tersebut. Jika kita adalah pemula SEO, maka dengan adanya kontes SEO akan mendorong kita untuk semakin mengerti dan paham akan metode yang tepat dalam mengoptimalkan sebuah keyword. Dengan mengikuti kontes SEO, kita akan dipaksa untuk terus belajar mengoptimasi sebuah blog atau artikel sebuah postingan yang akhirnya satu per satu dan tahap demi tahap teknik SEO akan mengalir dan berkembang pada diri kita. Namun bukan hanya teknik SEO saja yang berkembang, akan tetapi blog kita juga akan semakin cepat berkembang. Manfaat lain yang akan kita rasakan dalam mengikuti kontes SEO adalah:

1. Mendapatkan hadiah yang menarik dan menggiurkan jika menang.
2. Meningkatnya traffic blog secara cepat dan pasti.
3. Menjadikan blog memiliki backlink yang banyak dan berkualitas.
4. Cara cepat dan efektif dalam mempromosikan blog.
5. Semakin tahu dalam menyikapi sebuah optimasi blog.
6. Semakin meningkatkan PageRank google blog kita, dll.

Sebagai pemula untuk mengikuti kontes SEO, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mencoba untuk menerapkan teknik SEO sederhana dan bertujuan mendapatkan sedikit backlink saja. Namun jika prospeknya bagus dan ternyata hasil postingannya selalu muncul bahkan di page one search engine namun belum optimal, maka teknik lain perlu di terapkan secara bertahap. Dengan adanya kontes SEO maka akan didapatkan pula keuntungan timbal balik antara penyelenggara dan peserta. Keuntungan dan Tujuan utama diadakan kontes SEO untuk pihak Penyelenggara (bisa dari perusahaan, lembaga, organisasi) adalah supaya produk, jasa, atau websitenya dipromosikan oleh blogger-blogger yang sudah sangat berpengalaman dengan SEO serta situsnya mendapatkan "Backlink" berkualitas, Ala hasil produk atau jasanya dikenal luas serta mendapat testimoni positif dan juga situs penyelenggara menjadi berkualitas di Search Engine yang akhirnya situs maupun produk dari penyelenggara lebih dapat dikenal dengan cepat. Sedangkan untuk peserta yang mengikuti kontes SEO memiliki bermacam tujuan, mulai dari ingin memperebutkan hadiah menarik dan menggiurkan sampai dengan hanya ingin menguji kemampuan SEO yang dimiliki saja.

Persiapan dan Resiko Mengikuti Kontes SEO :

1. Siapkan Mental dan Pelajari Teknik SEO Sebanyak-banyaknya.
Karena yang pasti tenaga, pikiran, biaya akan terkuras. Biasanya kontes SEO berlangsung 2–3 bulan dan selama itu terus bekerja untuk menaikkan mempertahankan posisi SERP. Suatu kontes pasti ada yang menang dan kalah. Biasanya segala cara akan dilakukan untuk memperoleh kemenangan dengan menerapkan segala teknik SEO yang dimiliki, baik itu menggunakan cara Whitehat maupun Blackhat. Meski ada peserta kontes SEO yang melakukan berbagai cara agar menang, hargailah upayanya karena walaupun dengan melakukan kecurangan tetap saja memerlukan keahlian untuk melakukan hal tersebut.
2. Optimis dan Niatkan Tujuan Mengikuti Kontes SEO.
Bagi pemula biasanya masih mempunyai rasa keraguan karena merasa dirinya yang masih pemula dan ketatnya persaingan dengan para peserta lain yang sudah berpengalaman dalam dunia SEO. Saat mengikuti kontes SEO, artikel yang diperlombakan biasanya dibuat dengan keterpaksaan karena mengikuti kata kunci serta topik yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Artikel untuk kontes SEO biasanya kurang menarik dan tidak bermanfaat bagi pengunjung situs.
3. Siap Dalam Perubahan Blog.
Dalam mengikuti kontes SEO, biasanya Blog akan menjadi sedikit kacau karena diberi link image oleh pihak penyelenggara (bayangkan bila mengikuti banyak kontes). Artikel kadang mengganggu karena tidak sesuai dengan tema dan kriteria blog. Juga apabila selesai kontes, artikel sudah tidak diperlukan lantas dihapus akhirnya menimbulkan sampah broken link dan banyak komentar spam yang bertebaran dari situs lain karena hanya memburu backlink.
4. Fokus dan Pelajari Tentang Penyelenggara Kontes SEO.
Kalau benar-benar ingin menang dan dapat hadiah. Pelajari terlebih dahulu tentang penyelenggara Kontes agar tidak menyesal di kemudian hari. Ikuti petunjuk dan peraturan Kontes SEO terbaru dengan seksama. Fokuskan hanya satu atau dua kontes saja. Bekerja keras, ulet, terus mengikuti perkembangan SEO. Keberuntungan juga menjadi faktor penentu.
5. Berhati-Hati Menggunakan Teknik SEO.
Hal ini perlu di waspadai karena apabila kita melakukan optimasi berlebihan atau melakukan cara curang serta diketahui oleh google tidak mustahil seluruh konten situs bisa di banned oleh Google Sandbox Cuma gara-gara satu artikel kontes SEO saja.

Sebagai pemula kuncinya adalah bukan bertujuan untuk memenangkan, namun pengalaman dan kemampuan yang harus di dapatkan.

Berlangganan artikel via email

1 Response to "Pentingkah Kontes SEO ? Untuk Apa ?"

avatar
Anonymous

Saya setuju dengan mas andes.
Tentu saja yang utama ingin hadiahnya.
Kedua tes kemampuan seo kita dibanding blogger lainnya.
Terus bila menang kontes seo tentu banyak para blogger yang mengunjungi blog kita.. ingin tahu seperti apa blog kita.

Yang saya sangat setuju lagi, berhati hati dalam teknik seo.

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Pentingkah Kontes SEO ? Untuk Apa ?" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode