Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

12 Akar Yang Berkhasiat Obat



Selain Daun yang berkhasiat obat, Bunga danBiji yang berkhasiat obat, dan Buah yang berkhasiat obat sekarang giliran Akar Yang Berkhasiat Obat. Di negara indonesia sangat banyak akan tanaman-tanaman yang sebenarnya berguna namun banyak tidak di manfaatkan oleh penduduk setempat. Berikut adalah Akar Yang Berkhasiat Obat :

1. Akar Pepaya
Disamping daun pepaya berkhasiat obat, ternyata akar pepaya juga berkhasiat obat. Kandungan zat-zat pada akar pepaya adalah papalna, kalium, midonat, midosim, papayatin, damar, dan tasin. Akar pepaya berkhasiat untuk membasmi cacing dengan dosis sekitar 6 - 12 gram.

2. Akar Aren
Tanaman aren tumbuh diberbagai tempat di tanah air indonesia. Akar aren yang dimaksud adalah akar cabang, yang mempunyai bau lemah dan rasanya agak pahit. Kandungan zat yang terdapat pada akar cabang adalah kalium dan akar silikat. Akar cabang berkhasiat untuk bahan obat memperlancar atau memperbanyak keluarnya air seni.

3. Akar Pule
Tanaman pule banyak tumbuh, terutama di pulau jawa. Akar dan pangkal batangnya dimanfaatkan sebagai bahan obat. Kandungan zat yang terdapat pada akar dan pangkal batang pule adalah alkaloida agnalima dan alkaloida serpentina. Akar dan pangkal batangnya berkhasiat untuk mengobati tekanan darah tinggi dengan dosis 100 – 400 mg sehari (pagi dan malam).

Selain Akar Yang Berkhasiat Obat pada tanaman di atas, masih ada banyak tanaman yang akar tunggalnya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Berikut adalah Akar Tunggal Yang Berkhasiat Obat :

1. Bengle
Kandungan zat pada akar tunggal bengle adalah minyak atsiri, damar yang lunak, lemak, goun, gula, asam-asam organik, mineral dan abumivoida. Akar tunggalnya dapat di gunakan sebagai penghangat badan dengan dosis 0,5 – 3 gram.

2. Temu Hitam (Temu Ireng)
Tanaman temu ireng tumbuh dibanyak tempat di tanah air indonesia. Kandungan minyak atsiri terdapat pada akar tunggalnya setelah dikeringkan. Akar tunggal ini berkhasiat sebagai bahan obat gosok untuk mengobati pegal-pegal dan rematik.

3. Kunyit
Kandungan zat pada kunyit adalah zat kuning kurjunin, minyak atsiri, hidrat arang, damar, goum, dan pati. Kunyit sangat baik sekali untuk digunakan sebagai obat diare, karnimative, kologoga dan stabisida dengan dosis antara 8 – 12 gram.

4. Temu Giring
Tanaman temu giring tumbuh dibanyak tempat di tanah air indonesia, terutama di pulau jawa. Temu giring berkhasiat sebagai obat antelmintika dengan dosis sekitar 4 – 8 gram.

5. Temu Lawak
Tenaman temu lawak tumbuh terutama di pulau jawa dan tersebar  di daerah-daerah lain di indonesia. Kandungan zat penting yang ada pada temu lawak adalah minyak atsiri. Khasiat temu lawak adalah sebagai bahan obat untuk antipasmodikan dan kolagoga.

6. Laos
Tanaman ini tumbuh diberbagai daerah wilayah indonesia, terutama di pulau jawa. Kandungan zat pada laos adalah kaunferida dan golangin, hablur, hablur kuning, dan minyak atsiri kuning. Laos berkhasiat untuk obat karavinativa, obat luar (panu), dan juga tidak asing lagi untuk bumbu penyedap masakan.

7. Alang-Alang
Alang-alang tumbuh ditanah air indonesia pada umumnya dianggap sebagai tanaman pengganggu, meskipun akar tunggalnya berkhasiat untuk obat. Kandungan zat-zat pada akar tunggal alang-alang adalah asam kermik, damar, dan logam alkali. Akar tunggal alang-alang berkhasiat untuk memperlancar buang air seni dengan dosis yang digunakan sekitar 4 – 12 gram.

8. Kencur
Kencur biasa dipakai sebagai bumbu, tetapi berkhasiat juga untuk obat. Kandungan zat-zat pada kencur adalah alkaloida, minyak atsiri, kanferim, mineral pati, dan goum. Kencur dapat digunakan untuk meringankan dahak, melancarkan  keringat, melancarkan pembuangan gas dari perut, dan meningkatkan kegairahan.

9. Jahe
Disamping sebagai bumbu penyedap masakan, jahe juga dapat digunakan untuk obat. Kandungan zat-zat pada jahe adalah minyak atsiri, zingeton, zigibetol, zigi berin, borneol, sineol, kanfen, falandren, pati, damar, asam organik, okoresim, dan gingerim. Jahe sangat baik untuk obat melancarkan pembuangan gas dari perut, melancarkan keringat, dan meningkatkan gairah dengan dosis sekitar 0,5 – 1,1 gram.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "12 Akar Yang Berkhasiat Obat" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode