Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Bunga dan Biji Yang Berkhasiat Obat



Seperti yang kita bahwa bunga yang biasanya kita lihat dan umum digunakan adalah sebagai hiasan, atau yang lainnya. Akan tetapi di lain sisi terdapat juga bunga yang berkhasiat untuk obat. Berikut adalah bunga yang berkhasiat obat :

1. Cengkeh
Tanaman cengkeh banyak dikenal dan dikembangkan ditanah air kita dan bunganya berkhasiat sebagai bahan obat. Kandungan zat-zat pada kucup bunga atau bunganya adalah minyak atsiri, asetilegenol, kiriofil, furfural, metil, amil keton, vanilin, dan zat penyemak. Bunga cengkeh berkhasiat sebagai obat penghilang rasa mules, rasa mual, dan rasa muntah-muntah dengan dosis sekitar 100 – 600 miligram.

2. Jagung
Tanaman jagung tidak asing lagi bagi penduduk indonesia, tanaman ini tumbuh tersebar ditanah air kita. Zat-zat yang terkandung dalam rambut jagung (bunganya) adalah asam maisenat, minyak lemak, damar, gula, dan garam-garam mineral. Apabila dikumpulkan, dikeringkan dan dihaluskan, ternyata rambut jagung memiliki banyak khasiat dan sangat baik untuk penderita dimetika dengan dosis antara 4 – 12 gram.

Selain daun berkhasiat obat dan bunga yang berkhasiat obat melainkan ada pula biji yang berkhasiat obat. Biji-biji tersebut bisa digunakan dan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Biji-biji yang  berkhasiat obat ini biasanya banyak di manfaatkan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Biji yang berkhasiat obat antara lain adalah :

1. Pinang
Tanaman ini tumbuh hampir disemua tempat ditanah air kita. Batangnya sering dimanfaatkan sebagi lomba memanjat pohon pinang dalam rang merayakan kemerdekaan indonesia. Biji pinang yang masak merupakan bahan obat. Orang tua sejak jaman dahulu memanfaatkannya sebagai campuran daun sirih untuk dimakan (bahasa jawanya nginang). Biji pinang mengandung zat-zat alkaloida, tamin merah amouf dan lemak. Tepung biji pinang berkhasiat sebagai obat anteluintita, terutama untuk membasmi cacing pita, dengan dosis 1 - 4 gram.

2. Kedawung
Dalam biji dawung terkandung zat-zat glukosida, damar, hidrat arang, tamin, dan garam-garam alkali. Biji kedawung berkhasiat sebagai obat sakit mules, sakit mencret dan astringensia, dengan dosis antara 2 – 6 gram.

3. Labu Merah
Pada umumnya biji labu merah dibuang begitu saja. Padahal merupakan bahan bakal obat. Zat-zat yang terkandung dalam biji labu merah adalah minyak lemak dan zat lainnya yang aktif memberantas cacing pita. Biji labu merah berkhasiat sebagai obat cacing pita dengan dosis sekitar 30 – 60 gram.

4. Pala
Tanaman pala banyak tumbuh di banyak tempat di tanah air kita, terutama di maluku. Kandungan zat-zat yang terdapat pada biji pala adalah minyak atsiri, misistim, pinen, kamfer, dipentesafrol, egenol alkohol, lemak, abu, zat putih telur dan gula. Biji pala diperlukan sebagai bahan obat karminativa dan stimalnsia setempat terhadap saluran pencernaan. Pala juga digunakan sebagai bat pembius yang menyebabkan rasa mengantuk dan memperlambat pernapasan. Dosis yang diperlukan sekitar 0,2 – 1,2 gram. Pala dapat juga dipergunakan sebagai bahan pewangi.

5. Jarak
Kandungan zat yang terdapat pada biji jarak adalah minyak lemak, zat beracun risin dan risimin. Biji jarak berkhasiat untuk bahan obat.

Berlangganan artikel via email

2 Response to "Bunga dan Biji Yang Berkhasiat Obat"

Bisa tak coba nih... :D

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Bunga dan Biji Yang Berkhasiat Obat" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode