Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Cara Masuk Safe Mode Pada Windows XP, 7 dan Vista



Cara Masuk Safe Mode Pada Windows XP, 7 dan Vista - Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk masuk kedalam sistem Safe Mode pada komputer/laptop. Kegunaan Safe Mode juga sangat banyak, sebagai contoh kecil saja adalah untuk salah satu cara ampuh mengusir virus ringan tanpa antivirus yang terinstall pun dapat dilakukan dengan cara Safe Mode, namun Safe Mode bukan hanya untuk mengusir virus saja. Melainkan juga dapat untuk memperbaiki komputer Anda yang bermasalah, baik karena virus atau karena aplikasi yang tidak benar. Bahkan jika terdapat kerusakan driver yang membuat komputer Anda tidak dapat booting dengan benar dapat diperbaiki dalam keadaan Safe Mode.

Bahwa perlu diketahui untuk penjelasan ringan saja, Safe mode adalah keadaan dimana PC hanya menjalankan driver-driver utama guna untuk mencegah, memperbaiki crash, kerusakan pada suatu driver System Operasi pada komputer/laptop. Safe Mode juga dapat digunakan saat suatu program aplikasi rusak dan tidak dapat dihapus dengan cara yang biasa. Selain virus yang sulit dibasmi, dalam Safe Mode Anda juga dapat menghapus adware dan spyware. Caranya sama saja. Jalankan program anti adware dan anti spyware, seperti halnya  men-scan dengan anti virus. Maka, adware dan spyware pun dapat hilang layaknya virus. Dan untuk mempraktekkan hal tersebut, berikut merupakan salah satu dari Cara Masuk Safe Mode Pada Windows XP, 7 dan Vista:

1. Untuk langkah pertama tentu saja Restart komputer/laptop anda.
2. Saat layar komputer dalam keadaan blank dan mulai hidup namun sebelum keluar logo Windows segera tekan F8 / F1 / F2 atau F12.
3. Setelah muncul Dialog Advanced Boot Options. Pilih “Safe Mode” lalu tekan Enter.
Cara Masuk Safe Mode Pada Windows XP, 7 dan Vista

4. Kemudian tunggu sampai selesai hingga Windows memulai dan memuat file-file penting dan driver penting. Selanjutnya Windows akan melanjutkan proses booting.
Cara Masuk Safe Mode Pada Windows XP, 7 dan Vista

5. Setelah muncul tampilan desktop, Anda akan melihat tulisan Safe Mode pada bagian pojok desktop anda.
Cara Masuk Safe Mode Pada Windows XP, 7 dan Vista

Note :
Terkadang walaupun sudah menekan F8 namun logo Windows tetap saja muncul. Apabila terjadi seperti ini coba anda lakukan lagi hingga promptnya keluar. Jika cara tersebut tetap saja tidak bisa coba tekan tombol fungsi yang lain setelah computer anda restart.

Demikianlah akhir dari sedikit pembahasan tips trik komputer tentang Cara Masuk Safe Mode Pada Windows XP, 7 dan Vista. Semoga dapat berguna dan bermanfaat !

Berlangganan artikel via email

1 Response to "Cara Masuk Safe Mode Pada Windows XP, 7 dan Vista"

mohon maaf mau nanya gan.. cara agar ukuran icon desktopnya kembali normal gimna yah dan tulisan safe mode di pojok hilang? Thanks

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Cara Masuk Safe Mode Pada Windows XP, 7 dan Vista" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode