Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Definisi Vitamin dan Fungsinya



Definisi Vitamin dan Fungsinya
Selain tubuh membutuhkan protein, karbohidrat, lemak, dan mineral tubuh masih membutuhkan suatu zat yang disebut vitamin. Vitamin tidak memberikan tenaga, tetapi vitamin mutlak diperlukan oleh tubuh manusia. Misalnya, kekurangan vitamin C mengakibatkan penyakit sariawan. Sariawan bukan saja menyerang bibir anda, tetapi sariawan juga dapat menyerang usus. Ini sering diderita oleh para pelaut dan orang-orang yang kurang makan sayuran dan buah-buahan segar. Banyak jenis vitamin, kurang lebihnya 40 macam, tetapi yang sangat penting hanya da 12 macam. Ada vitamin yang dapat disimpan tubuh untuk beberapa saat lamanya, ada pula vitamin yang tidak dapat disimpan. Vitamin ini jika tidak diperlukan lagi langsung keluar melalui air seni seperti vitamin C. Jadi, setiap kali tubuh membutuhkan vitamin C. Berarti setiap hari anda harus memakan sayuran atau buah-buahan. 
Vitamin dapat dibagi dalam 2 kelompok, yaitu:

  • Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan vitamin C.
  • Vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K.

Vitamin A
Vitamin A diperlukan untuk pemeliharaan kulit, mata, kesehatan gigi, mencegah infeksi, dan membantu proses pertumbuhan tubuh. Kekurangan vitamin A mengakibatkan penyakit Batu Ginjal dan kandung kemih dan juga mengakibatkan kulit menjadi kasar dan tebal. Pada anak-anak mengakibatkan penyakit rabun senja atau buta ayam. Kalau dibiarkan mengakibatkan mata menjadi buta. Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A, misalnya hati, wortel, sayuran hijau, ikan, jagung, terung, jenis cabai hijau yang diberi nama paprika.

Vitamin B
Vitamin B yang terdiri dari beberapa jenis disebut vitamin B kompleks. Ada vitamin B1, B2, B12. Vitamin B penting untuk membantu menghasilkan tenaga, pemeliharaan dan pertumbuhan selaput lendir dan kulit. Kekurangan Vitamin B mengakibatkan penyakit Beri-Beri. Jika Anda kekurangan Vitamin B mengakibatkan perasaan Anda mudah tersinggung, sukar memusatkan pikiran, sering lupa, badan terasa lesu, kurang gairah untuk bekerja. Dengan makan makanan yang mengandung vitamin B, nafsu makan bertambah. Anda merasa segar, begairah sehingga dengan bersemangat dapat melakukan pekerjaan sehari-hari. Contoh makanan yang mengandung vitamin B tinggi, misalnya tempe, telur, susu, kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, jamur, daging, keju, dan otak sapi.

Vitamin C
Vitamin C mulai dikenal pada tahun 1928. Pada zaman dahulu, jika para pelaut mengadakan perjalanan jauh dan membutuhkan waktu lama dalam perjalanan, yang ditakuti adalah penyakit skorbut. Penyakit ini di akibatkan karen kekurangan vitamin C. Para pelaut kehabisan sayuran dan buah-buahan segar yang mengandung vitamin C. Vitamin C dalam bentuk tabel pada zaman dahulu belum dikenal. Baru dikenal setelah para ilmuwan dapat memisahkan dari air jeruk, yaitu pada tahun 1928. Vitamin C banyak didapat dari buah-buahan segar seperti jeruk, tomat, apel. Fungsi dari vitamin C adalah memelihara hubungan antar sel. Vitamin C juga membantu penyembuhan. Kekurangan vitamin C dapat juga mengakibatkan Anda sering menderita sariawan, gusi sering sering berdarah dan agak bengkak. Untuk pertumbuhan gigi dan tulang, setiap hari anak-anak memerlukan vitamin C. Karena vitamin C tidak dapat disimpan didalam tubuh maka setiap hari anak-anak sebaiknya makan buah.

Vitamin D
Dianjurkan agar bayi selalu mendapat sinar matahari pagi setiap hari. Mengapa harus demikian? Vitamin D dapat dihasilkan di dalam tubuh melalui penyinaran pada kulit. Vitamin D sangat penting bagi pertumbuhan tulang, karena mengatur nilai kalsium dan fosfor yang dibutuhkan untuk tulang dan gigi. Anda telah mengetahui pada penjelasan di atas bahwa kalsium dan fosfor termasuk zat mineral yang sangat dibutuhan oleh tubuh. Vitamin D terdapat dalam makanan , seperti ikan, susu, kunning telur, minyak ikan, wortel, minyak jagung, dan kubis. Kekurangan vitamin D mengakibatkan penyakit rachitis, yaitu penyakit tulang. Ciri-cirinya adalah tulang-tulang tetap lunak , sehingga menjadi bengkok. Jika anak Anda masih bayi rajin-rajinlah menjemur di matahari pagi antara pukul tujuh sampai dengan delapan pagi.


Vitamin E
Taoge mengandung banyak vitamin E. Fungsi vitamin E ialah membantu penyembuhan luka, berpengaruh kepada kesuburan. Jika Anda belum menikah dan belum di karuniai anak, sangat dianjurkan untuk makan taoge sesering dan sebanyak mungkin. Selain itu vitamin E terdapat juga pada minyak kedelai, minyak jagung, minyak kacang, ubi jalar, kacang polong, dan beras merah.


Vitamin K
Fungsi vitamin K adalah untuk pembekuan darah. Jika Anda menderita kekurangan vitamin K, darah Anda tidak dapat beku. Apa yang akan terjadi jika Anda terluka atau terpotong pisau dan darah Anda akan terus-menerus mengalir karena darah tidak dapat membeku. Akhirnya darah akan habis dan mengakibatkan kematian. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin K, misalnya bunga kol, kubis, kacang kedelai, dan bayam.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Definisi Vitamin dan Fungsinya" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode