Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Fungsi Lemak Pada Tubuh Manusia

Fungsi Lemak Pada Tubuh Manusia - Lemak merupakan “bensin” pada tubuh manusia. Lemak seperti juga zat tepung merupakan sumber tenaga bagi tubuh manusia. Akan tetapi, kelebihan lemak juga berbahaya. Lemak yang berasal dari hewan disebut lemak hewani, sedangkan lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut lemak nabati. Lemak hewani adalah lemak jenuh, sedangkan lemak nabati adalah lemak tidak jenuh. Disebut lemak jenuh karena lemak ini menjadi beku jika disimpan pada suhu ruangan. Sedangkan lemak tidak jenuh tidak akan membeku dan tetap cair seperti minyak. Seperti telah diuraikan sebelumnya bahwa lemak jenuh mempunyai kecenderungan untuk meninggikan kadar kolesterol dalam darah. Ini berarti kurang baik bagi kesehatan terutama bagi jantung. Jika terlalu banyak makan lemak jenuh, penyakit jantung semakin dekat dengan anda.
Jadi sebaiknya kita makan lemak nabati, lemak nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kelapa, kacang tanah, santan, buah kenari, minyak jagung, minyak kelapa sawit, minyak kacang. Memang lemak jenuh yang berasal dari daging kambing, daging babi, daging sapi, keju, susu, telur rasanya lebih gurih dan enak. Akan tetapi harus di ingat jangan terlalu sering dan banyak makan makanan tersebut. Kita akan mudah terserang penyakit darah tinggi dan jantung. 
Kegunaan lemak banyak sekali, antara lain: lemak melarutkan vitamin A, D, E, dan K, sehingga vitamin-vitamin tersebut dapat diserap oleh usus. Vitamin tersebut tidak dapat larut dalam air, jadi dibutuhkan lemak agar dapat diserap oleh usus untuk kebutuhan tubuh. Lemak juga berguna untuk melindungi alat-alat tubuh yang halus seperti bantalan untuk melindungi biji mata dan ginjal. Lemak juga menjaga agar tubuh dapat terlindung dari rasa dingin. Lemak juga berguna untuk cadangan tenaga.

Berlangganan artikel via email

5 Response to "Fungsi Lemak Pada Tubuh Manusia"

lezat sob mampir yah,,

Balas

terima kasih sob...buat infonya....
jadi lebih tahu nih :)

Balas

Kalau soal resiko, memang kebanyakan lemak pun bisa berbahaya (segala sesuatu yang berlebihan pun tetep berbahaya sih)..hehe! Yang jelas fungsi nya bener-bener baik untuk kesehatan ya. Menarik nih postingannya, kbetulan saya juga lagi butuh porsi lemak yang banyak nih, soalnya saya tergolong orang kurus. hoho..

Balas

hehe. .iya sob ada benernya juga sih, kalo segala sesuatu yang berlebihan itu berbahaya. tapi kan nggak smua segala sesuatu yang berlebihan juga berbahaya sob. insyaallah kalo pahala/amal ibadah yang berlebihan justru lebih baik kok (kayaknya sihh):D

Balas

Yang gemuk pengen kurus yang kurus pengen gemuk...
Ada yang sedot lemak ada yang cari lemak....
Yang sedang sedang saja...

salam
www.elmudaja.com
mau traffic dan duit?

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Fungsi Lemak Pada Tubuh Manusia" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode