Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Peranan Mineral Pada Organ Tubuh

Selain membutuhkan Protein, Karbohidrat atau Hidrat Arang, dan Lemak, Sebagian atau 4% dari tubuh manusia terdiri dari mineral. Contoh mineral ialah zat kapur dan fosfor, natrium dan kalsium, zat belerang, zat flour, zat yodium, zat chlor, zat besi, zat tembaga, zat cobalt, magnesium, molydenium, zat seng, selenium. Pada orang dewasa kebutuhan mineral tidak terlalu banyak. Kebutuhan orang dewasa akan mineral hanya untuk menggantikan mineral yang hilang melalui air seni dan keringat. Lain halnya pada anak-anak. Dalam masa pertumbuhan anak lebih banyak membutuhkan mineral untuk membangun tulang, gigi, dan darah.
Walaupun jumlah mineral yang dibutuhkan sangat kecil, tetapi mineral memegang peranan sangat besar pada hidup manusia. Ada beberapa mineral yang dibutuhkan lebih banyak yaitu fosfor dan kalsium. Jenis mineral yang lain walaupun hanya dibutuhkan sangat sedikit tetapi mutlak harus ada. Sebagai contoh misalnya untuk bangunan gigi dan tulang dibutuhkan mineral kalsium dan fosfor. Jika pada masa pertumbuhan mengalami kekurangan mineral tersebut, gigi anda cepat keropos, tulang-tulang lemah dan anda menderita penyakit rachitis, yaitu penyakit tulang lemah, kaki anda akan bengkok dan lemas. Mineral-mineral tersebut juga sangat berguna agar saraf menjadi kuat, tidak mudah kaget, takut, dan gelisah, untuk pertumbuhan rambut, kuku, otot diperlukan mineral, belerang dan kalsium, fosfor dan chlor. Apabila anda menderita kekurangan darah berarti anda kekurangan mineral, zat besi, kalsium, fosfor, natrium, chlor.
Kekurangan yodium mengakibatkan membesarnya kelenjar gondok yang dikenal sebagai penyakit gondok. Dengan mengetahui sangat perlunya tubuh akan kebutuhan mineral, perlu anda ketahui sumber makanan apa yang mengandung mineral. Sumber mineral banyak terdapat pada jenis tumbuh-tumbuhan. Mineral, fosfor, kalsium, zat besi, banyak terdapat pada kacang tanah, beras merah, jagung berwarna kuning, biji jambu monyet, kacang kedelai, kenari, bekatul, kacang jogo, tempe, tahu, sawi hijau, daun melinjo dan daun kelor. Semua jenis tumbuh-tumbuhan banyak mengandung bermacam jenis mineral. Daging hewan bukan tidak mengandung mineral, tetapi lebih sedikit dari pada kandungan mineral yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan. Anda tentu harus cukup bijak dalam mengatur biaya hidup sehari-hari. Pilihlah jenis makanan yang mengandung gizi tinggi tetapi harganya murah.

Berlangganan artikel via email

1 Response to "Peranan Mineral Pada Organ Tubuh"

harus rajin makan makanan yang bergisi nih..
biar anak anak gak terkena penyakit rachitis

thanks gan infonya, :)

komentar balik ya di blog saya
salam kenal

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Peranan Mineral Pada Organ Tubuh" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode