Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Tips Mengatasi NTLDR Windows XP



Tips Mengatasi NTLDR Windows XP
Tips Mengatasi NTLDR Windows XP - Masalah pada Windows XP  NTLDR is missing merupakan pesan error yang terjadi  pada saat awal kita menyalakan komputer namun pada layar monitor hanya muncul tampilan hitam dengan pesan yang tertulis seperti gambar diatas. NTLDR is missing disebabkan oleh hardware atau perubahan perangkat lunak pada komputer yang menjalankan sistem operasi Windows XP. Salah satu penyebab paling umum untuk kesalahan ini adalah menginstal software yang memodifikasi Basic Input Output System (BIOS) Anda. Untungnya, masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah.

Beberapa kemungkinan yang terjadi adalah salah satunya disebabkan bagian dari windows yang terhapus yaitu file NTLDR. Hilangnya komponen Windows ini juga bisa disebabkan karena virus yang menginfeksi file tersebut, sehingga saat terdetect oleh antivirus, filenya terhapus. Adapula beberapa penyebab lain yang mengakibatkan munculnya pesan error tersebut. Alasan paling umum untuk kesalahan ini adalah ketika PC Anda sedang mencoba untuk boot dari hard drive atau flash drive yang tidak benar dikonfigurasi untuk boot, dengan kata lain mencoba untuk boot dari sumber non-bootable. Penyebab lain yang mungkin terjadi bisa juga karena file corrupt, hard drive dan masalah upgrade sistem operasi, corrupt sektor hard drive, BIOS yang ketinggalan jaman, dan kabel IDE rusak atau longgar. Solusi yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara menginstal ulang sistem operasi. Atau jika anda ingin program aplikasi tidak ikut terbuang, maka anda dapat melakukan repair sistem operasi saja.

Berikut Tips Mengatasi NTLDR Windows XP:

Langkah 1 : Masuk ke konfigurasi BIOS, aturlah urutan bootingnya sesuai dengan saat kita akan menginstall OS, booting dimulai dari CD-ROM Drive. Setelah itu lanjutkan dengan cara menginstall Windows XP seperti biasa.
Tips Mengatasi NTLDR Windows XP
Tips Mengatasi NTLDR Windows XP

Langkah 2 : Setelah muncul layar awal Welcome to Setup Windows Xp, muncul 3 perintah pilihan yaitu:
Enter: Install Ulang Windows XP.
R: Repair / Memperbaiki Windows XP nya apabila terjadi error atau lain sebagainya.
F3: Keluar proses installasi.
Langkah yang simple jangan di install ulang, tetapi cukup di repair dengan menekan tombol R.
Tips Mengatasi NTLDR Windows XP

Langkah 3 : Setelah menekan tombol R, maka akan tampil Repair Windows XP dengan tampilan Recovery Console. Kemudian tekan tombol angka 1 lalu Enter. Maka Windows akan meminta password Administrator. Jika tidak ada, kosongkan saja.
Tips Mengatasi NTLDR Windows XP

Langkah 4 : Cek dimasing-masing drive yang terbaca pada system komputernya. C, D, atau E. Untuk system yang saya pakai, Optical Drive yang berisi Installasi Windows XP ada pada drive E.
Tips Mengatasi NTLDR Windows XP

Langkah 5 : Kemudian copy file NTDLR yang ada pada CD Windows XP tepatnya di folder i386 pindahkan ke drive C: dan file ntdetect.com pada lokasi yang sama dengan mengetikkan perintah seperti pada gambar. Setelah kedua file tersebut tercopy, maka ketikkan perintah exit untuk keluar dari proses repair tersebut.
Tips Mengatasi NTLDR Windows XP

Selesai dan sukses, maka Windows XP tidak mucul pesan  NTLDR is missing lagi.

Berlangganan artikel via email

2 Response to "Tips Mengatasi NTLDR Windows XP"

saya agak kurang paham dalam hal utak atik windows,, tapi dengan baca2 yang disini semoga saya sedikit mengerti,, thanks kawan.. :)

Balas

wah mas andi terlalu merendah nih :) terimakasih kembali udah mau share mas bro

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Tips Mengatasi NTLDR Windows XP" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode