Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

5 Tips Mengurangi Bounce Rate Pada Blog

5 Tips Mengurangi Bounce Rate Pada Blog
5 Tips Mengurangi Bounce Rate Pada Blog – Sahabat Blogger semua pasti sudah tahu bahwa desain blog/website dan konten yang buruk dapat mencegah atau mengurangi pengunjung blog/website Anda, tetapi jika Anda berpikir dan beranggapan bahwa semua itu benar, untuk itu mari kita berpikir kembali. Mungkin sulit untuk percaya tapi rupanya banyak pemilik website/blog, terutama yang masih baru atau masih pemula, yang masih merindukan faktor kecil tapi penting lainnya dalam membuat pengunjung blog/website Anda untuk betah tinggal lebih lama dan kembali ke situs Anda.

Bounce rate yang sering dikenal dalam istilah awam, pada dasarnya jumlah kunjungan tunggal dalam situs Anda yang menghasilkan pengeluaran pengunjung hanya dalam waktu singkat dan kemudian segera meninggalkan situs tersebut, maka istilah inilah yang disebut 'bouncing'. Jika ingin pengunjung blog/website Anda untuk bangkit kembali dari situs Anda, maka di bawah ini adalah daftar 5 Tips Mengurangi Bounce Rate Pada Blog tentang bagaimana Anda dapat meminimalkan hal itu terjadi:

1. Menyediakan Menu Navigasi SEO Friendly
Satu hal positif yang berubah menjadi berdampak negatif karena pengunjung telah off/check out dari sebuah situs web/blog yang tidak tahu di mana dan bagaimana mereka untuk menemukan fitur dari situs Anda. Jika pengunjung Anda memiliki waktu yang sulit untuk menemukan link ke halaman tertentu di blog Anda, maka saya bertaruh bahwa hal berikutnya mereka akan mencari jalan keluar dari blog Anda. Dengan dipaksa untuk mencari tombol atau link hanya untuk pergi ke halaman lain di blog Anda, maka anda dapat membuat pengunjung blog anda sendiri menjadi frustasi karena mereka harus menemukan jalan keluar dari blog anda yang buntu dan lebih baik jika mereka mencari blog lain yang menyediakan menu navigasi lebih SEO friendly seperti halnya pada remote TV sehingga mereka dapat mengganti saluran dengan mudah.

2. Minimalkan Iklan
Apakah Anda tahu bagaimana perasaan yang Anda dapatkan ketika Anda harus duduk didepan layar dan harus melalui semua iklan sehingga Anda dapat menonton acara TV favorit Anda? Itulah bagaimana rasanya bagi pengunjung saat melihat semua iklan dan banner di situs Anda, maka hanya rasa kesal yang menguasai mereka. Memiliki terlalu banyak iklan pada sebuah situs web/blog adalah cara anda untuk mematikan pengunjung web/blog anda sendiri dan karena sebab itulah jika Anda masih ingin mereka untuk bertahan lebih lama maka segeralah lakukan perubahan layout sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pengunjung. Uang masih bisa didapatkan dengan cara lain dan itupun jika anda tidak ingin kehilangan banyak trafik dari blog anda.

3. Pastikan Blog Memiliki Kotak Pencarian
Percaya atau tidak, beberapa blog sebenarnya tidak memiliki fitur kotak pencarian yang tidak lain karena pengunjung jarang menggunakannya. Walaupun begitu, hal ini akan membuat lebih mudah bagi mereka untuk menemukan apa yang mereka cari dari mengklik melalui daftar arsip, label atau kategori, dan pencarian dengan mengetik keyword pada search box.

4. Meningkatkan Kecepatan Untuk Memuat Situs (Loading Blog)
Tidak seorangpun ingin terus menunggu, dan itu termasuk pengunjung situs blog Anda. Jangan menguji kesabaran mereka dengan membuat mereka menunggu seluruh situs Anda untuk menyelesaikan loading. Salah satu penyebab umum dari beban halaman lambat adalah memiliki widget atau plugin yang terlalu banyak dipasang di blog Anda. Anda bisa mengatakan bahwa memiliki terlalu banyak widget akan membuat blog menjadi lebih cantik, namun jangan salah jika hal tersebut akan berdampak buruk bagi blog anda.

5. Tulisan Interlink Blog Anda
Sederhananya, menyediakan link yang mengarah ke halaman posting Anda yang lain di dalam artikel blog Anda. Cara untuk melakukan hal ini adalah dengan referensi topik yang telah anda tulis sebelumnya dalam tema yang berkaitan, yang akan bertindak seperti link "Artikel Terkait atau Related Post" dari dalam artikel Anda. Misalnya saja, pada tulisan “Artikel Terkait” jika di klik maka akan mengarahkan anda ke halaman lain.

Dari 5 Tips Mengurangi Bounce Rate Pada Blog diatas maka usaha Anda untuk meminimalkan Bounce Rate Pada Blog sudah terpenuhi, dan selain itu masih banyak cara bagi anda untuk mengelola waktu blogging guna untuk menulis konten blog terbaik.

Berlangganan artikel via email

5 Response to "5 Tips Mengurangi Bounce Rate Pada Blog"

.: informasi yg menarik kawan, semoga ane mampu meng-aplikasikannya...^_^

Balas

saya juga baru saja berjinak2 berblog untuk suka2. camne lak tiba2 ada gmbr kecil sblh kiri wujud dan bila klik ia akan link ke www.myjodoh.com .mcm mn nak buang ye sbb bila tengok dlm design view xde pulak sy install.

Balas

maaf mbak saya kurang paham bahasanya, susah banget di translate. sering2 mampir kesini lagi ya :)
terimakasih kunjungannya..

Balas

Menanggapai point nomor 5 mengenai internal link, justru dari SEO Analyzer mengatakan kalau web saya terlalu banyak internal link.

SEO analyzer mengatakan bahwa internal link yang disarankan maksimal 100 link.

Bagaimana cara mengurangi internal link secara otomatis ya? karena internal link di web saya lumayan banyak, sampai 300an.

thanks.

Balas

Salam, artikel yang menarik, satu pertanyaan aku, bagaimana dengan masalah kualitas konten ? Bukankah masalah tersedianya konten (artikel) yang berkualitas merupakan salah satu cara pokok (utama) untuk menanggulangi tingginya prosentase bounce rate ini ?
Mohon pencerahan.

Btw, bounce rate blog anda ini berada pada angka 39,30 %, apakah nilai tersebut termasuk ideal untuk sebuah blog ?

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "5 Tips Mengurangi Bounce Rate Pada Blog" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode