Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

8 Tips Search Engine Optimization (SEO) Pemula

8 Tips Search Engine Optimization (SEO) Pemula
8 Tips Search Engine Optimization (SEO) Pemula - Search Engine Optimization atau SEO adalah seni dalam membuat halaman blog lebih mudah ditemukan oleh search engine. Jika membuat konten apapun untuk di publikasikan pada posting blog, anda perlu tahu setidaknya beberapa dasar-dasar Google. Jika tidak, konten anda mungkin tidak pernah ditemukan oleh search engine paling populer di dunia.
Kebanyakan orang tahu bahwa Google adalah search engine yang paling populer sampai saat ini. Search Engine seperti Google menggunakan berbagai metode untuk menentukan halaman yang ditampilkan pertama kali dalam hasil pencariannya. Formula yang tepat mereka adalah rahasia, tetapi ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan posisi halaman blog anda. Istilah inilah yang sering disebut Search Engine Optimization (SEO). Tips ini mungkin tidak membuat blog anda yang pertama muncul dalam daftar pencarian, namun setidaknya ini dapat membantu peringkat blog anda sedikit naik. Abaikan spam dan website yang menawarkan untuk submit blog anda ke ratusan search engine. Paling-paling ini adalah limbah dari waktu atau uang dan yang paling buruk peringkat blog anda justru malah dapat berpengaruh negatif.

1. Frase Kata Kunci
Daripada berfokus pada satu kata, cobalah menambahkan beberapa kata untuk membuat frase kata kunci. Anda mungkin ingin membaca tentang pencarian Google yang efektif untuk melihat bagaimana frase kata kunci dapat membantu dalam pencarian. Jika anda sedang mencari blog anda sendiri, apa frase kata kunci yang akan anda ketik ke Google untuk setiap halaman? Apakah anda mencari widget super cantik? Apakah anda mencari untuk mempercantik blog dengan widget? Mungkin akan membantu untuk mendapatkan perspektif yang berbeda. Mintalah orang lain untuk membaca halaman anda dan menyarankan apa yang mereka pikirkan, frase kata kunci halaman blog anda mungkin. Anda juga dapat memeriksa Google Trends untuk melihat apakah salah satu frase yang mulai mendapatkan popularitas. Cobalah untuk tetap pada satu subjek per halaman, dan menempel satu frase kata kunci per halaman. Itu tidak berarti anda harus menulis teks kaku atau menggunakan frase yang aneh. Menulis dengan alur yang jelas, keduanya mudah untuk dicari dan mudah dibaca.

2. Kepadatan Kata Kunci
Salah satu hal ketika Google mencari katalog halaman posting blog adalah kepadatan penggunaan kata kunci atau biasa disebut keyword density. Dengan kata lain, seberapa sering penggunaan kata kunci muncul disetiap paragrafnya. Gunakan kalimat alami. Jangan mencoba untuk mengelabui search engine dengan mengulangi kata yang sama berulang-ulang atau membuat teks "tak terlihat." Ini tidak bekerja. Bahkan, blog anda bisa jadi malah mendapat sanksi dari Google. Berikan sebuah paragraf pembuka yang kuat. Gunakan kepadatan kata kunci pada paragraf pertama untuk merangsang Google. Dalam kata lain hal ini sangat mudah untuk Google menemukan konten anda apabila anda menaruh kepadatan kata kunci dalam 200 kata pertama dan di luar 200 kata pertama atau lebih dari konten blog anda, bisa dikatan google sangat sulit untuk menemukan dan menampilkan konten blog anda dalam hasil pencariannya atau bahkan mungkin Google tidak mencari. Anda dapat memeriksa kepadatan kata kunci anda dengan Google Toolbar atau tool sejenis yang lainnya.

3. Judul Halaman Blog
Berikan blog anda nama deskriptif dengan tag <title>. Ini sangat penting, Google menampilkan hasil pencarian sebagai link menggunakan judul halaman blog. Sebuah link yang disebut 'untitled' sangat tidak menarik, dan tidak ada yang akan di klik diatasnya. Bila diperlukan, gunakan frase kata kunci halaman dalam judul.

4. Link Halaman Terkait
Salah satu faktor terbesar Google dalam melihat suatu halaman adalah hyperlink. Google melihat kedua link yang mengarah ke blog anda dan dari blog anda. Google melihat kata-kata yang anda gunakan didalam link untuk membantu menentukan isi dari halaman blog anda. Gunakan link dalam halaman blog sebagai cara untuk menekankan kata kunci. Daripada mengatakan "Klik Disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang SEO" maka akan lebih baik jika anda mengatakan: Baca lebih lanjut tentang SEO (Search Engine Optimization). Link dari blog atau website lain ke blog anda digunakan untuk menentukan PageRank. Anda dapat menggunakan Google Toolbar, SEOquake, dll, untuk memeriksa PageRank blog anda saat ini. Anda dapat meningkatkan PageRank dengan bertukar link dengan blog teman atau situs lainnya yang relevan. Pertukaran banner tidak efektif. Anda juga dapat meningkatkan PageRank dengan memastikan blog anda tercantum dengan direktori penting. Dengan kata lain, memeriksa PageRank dari homepage direktori.

5. Submit Blog ke Direktori
Submit blog anda ke direktori terbuka maupun direktori khusus, jika memungkinkan. Google menganggap direktori ini menjadi link penting. Meskipun demikian apabila sudah berhasil, jangan terlalu bahagia. Google dalam upaya untuk memerangi penipuan klik, sering menyaring situs-situs yang terhubung dari koleksi link, atau halaman dengan apa-apa kecuali link ke situs-situs lain. Ini adalah salah satu alasan mengapa layanan gratis untuk mendaftarkan blog anda mungkin malah merepotkan anda. Bergabung ke direktori khusus dan organisasi. Mereka lebih cenderung untuk membantu dan tidak berpengaruh buruk pada peringkat blog anda.

6. Jaringan Sosial
Situs jejaring sosial bisa menjadi cara yang baik untuk mempromosikan situs, tapi tidak semua dari mereka akan mempengaruhi peringkat blog anda secara langsung. Digg dan Delicious adalah situs sosial yang menghubungkan berpotensi memiliki dampak yang baik.

7. Jauhkan konten Flash
Orang mungkin lebih menikmati membaca Flash, namun search engine cenderung melewatkannya. Google telah memperoleh beberapa kemampuan untuk membaca Flash, namun masih terbatas. Jika menu anda berada di Flash, mungkin hal ini juga tidak terlihat. Pertimbangkan membuat teks link untuk terbiasa di samping atau bukan di Flash. Juga jangan lupa, berikan gambar pada blog anda dengan tag <alt>. Bukan hanya tidak membuat blog anda lebih mudah diakses oleh tunanetra, tapi juga memberikan blog anda kesempatan lain untuk menempatkan kata kunci anda di mana Google dapat melihatnya.

8. Desain Tidak Berlebihan
Desain yang mewah pada akhirnya memang kuat untuk menambah percaya diri, namun hal ini perlu anda pertimbangkan. Halaman terorganisir adalah halaman yang Google cenderung memberi peringkat lebih tinggi. Bahkan juga halaman yang cenderung menjadi lebih populer, yang berarti Google akan memberikan peringkat jauh lebih tinggi. Jauhkan desain yang mewah, dan banyak dari ahli SEO akan merancang sendiri.

Berlangganan artikel via email

31 Response to "8 Tips Search Engine Optimization (SEO) Pemula"

Nice post soB. Cocok untuk yang lagi belajar SEO seperti Saia.

Balas

nice info kawan,berguna nih apalagi buat saya yang masih awam tentang SEO,,,,

Balas

Bermanfaat gan postingnya :)

Balas
avatar
Anonymous

Bisa langsung diterapkan nih tips nya.. biar lebih SEO.. hehehe..

Balas

Makasih sob infonya :D
Tapi saya kalo ngeblog asal tulis aja, yg penting puas heeheh...

Balas

sob mau tanya nih, kalo template itu pengaruh ngak sama SEO blog kita?

Balas

begitu juga dengan saya bang, lebih awam lagi :)

Balas

gak masalah gan, berarti agan lebih menikmati :)
hehe,,

Balas

Saya suka baca artikel SEO, tapi ga pinter2 juga hehehe. jadinya yang penting ngeblog aje deh rame syukur ga rame tinggalin :D. thx share bro

Balas

benar. gak ada blogger yang ahli seo desain blognya semrawut. kebanyakan simple sampai2 gak ada warnanya.

Balas

hehe setidaknya ada usaha pasti disitu ada jalan keluar gan :)

Balas

ane pake point 5 6 ama 8 gan. lumayan manjur. he he

Balas

yeah equally gan :)

Balas

hahaha.. masak sampai gak ada warnanya gan? masih mati lampu mungkin gan jadi gak keliatan :D

Balas

semoga makin sukses gan. teruskan! hahayy :D

Balas

intinya pinter" promo blog. bukan begitu, Gan?

Balas

Akhirnya saya paham juga konsep SEO mas Andes Rizky Nugroho. Terkadang terlalu muluk bermimpi dgn GOOGLE ADs dan berharap dapat page rank tinggi, tapi itu SUSAH SEKALI, hiks.....

Makasi PENCERAHANNYAAA

Balas

Makasih gan inpo nya..btw saya sudah follow blog agan..followback ya

Balas

cara yang bermanfaat...salams sukses aja mas

Balas
avatar
Anonymous

Saya nyari kemana-mana nih tips trik optimasi ini Mas?
Eeeehh gaka taunya di postingan Mas Andes ini ada
Izin simak dan izin praktek belajar,, kali aja blog saya
se SEO Blog Mas Andes.. Mohon Doa Restu,,saya
Hendak Belajar,, di artikel Mas ini yang sangat bermanfaat
Terima kasih yang tak terhingga.

Balas
avatar
Anonymous

Nambah ilmu baru lagi buat saya nih Mas Andes,
Saya rasa, untuk menunjang SEO Apa yang ada di
Artikel Mas Andes ini, Templte adalah pangakal utama
Sebuah web atau blog yah Mas,? jadi apapun optimasi
Seo yang kita terapkan di web-blog kita, kalau template
Kita banyak yang Error atau belum tervalidasi HTML5-Css3
Maka semuanya akan sia-sia. kurang lebih nya Mas Andes lah
Yang lebih paham, dalam Seo, dan lainya...
maaf saya hanya sedikit pengetahuan.

Balas

valid dah.. penjelasan seo untuk pemula di blog ber-pagerank 2,.. makasih gan,.. smoga TAHU Indonesia bisa menyusul :D

Balas
avatar
Anonymous

makasih mas tutorialnya,
izin coba...

Balas

buat semua yg ada disini, sya masih baru bgt bkin blog, pnampakannya kya bgini dkrea.blogspot.com
kiranya agan" semua sudi untuk sejenak mampir dan ngasih review buat blog ane..
trus klo pgn tahu klo blog/template kita error ato engga nya itu gmna yaa ??
mkasih sebelumnya//

Balas

terima kasih sudah berbagi ilmu:)

Balas

Bagus - bagus gan artikelnya, sangat membantu sekali sebagai tambahan ilmu buat newbie seperti saya ini.
klo berkenan mohon untuk bisa deikit mereview blog baru say gan.
tq b4.
http://dk-groups.blogspot.com/

Balas

Udah keok sama seo gan, digimanain tetep seribuan aja visitor nya . Hehehe

Balas

thx postingan sangat bermanfaat, seo buat sy gampang2 susah, kadang postingan sepele justru masuk halaman pertama, izin follow blog, salam kenal

Balas

apakah blog harus memiliki seo yang kuat agar bisa mendapat visitor yang banyak

http://kasacima-giat.blogspot.com/

Balas

Nice Post Mas :D
Blog Walking : kriviks-site.blogspot.com

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "8 Tips Search Engine Optimization (SEO) Pemula" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode