Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Asap Rokok Membahayakan Telinga

Asap Rokok Membahayakan Telinga
Asap Rokok Membahayakan Telinga – setiap orang pasti sudah memahami akan bahayanya asap rokok dan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun banyak orang hanya memahami pengaruh asap rokok ini hanya yang sudah tertulis pada bungkusnya rokok, bahwa “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”. Saya tahu tulisan tersebut juga karena saya seorang perokok aktif. Tidak disadari bahwa terdapat bahaya lain yang mengintai gangguan kesehatan dari efek menghirup asap rokok yang menurut saya sangat nikmat. Yang tertulis pada bungkus rokok itu mungkin benar, akan tetapi di lain sisi juga terdapat gejala yang dapat membahayakan telinga hanya karena asap rokok.

Penelitian terbaru ilmiah menemukan bahwa asap rokok yang disertai suara musik yang hingar-bingar dapat merusak telinga. Beberapa ilmuwa dari Universitas John Hopkins (Amerika) mengadakan penelitian tentang pengaruh asap rokok dan suara gaduh terhadap kekuatan pendengaran seekor tikus eksperimen. Pertama-tama, mereka menempatkan tikus tersebut dalam ruang udara yang tercemar dengan karbon dioksida, seperti udara yang tercemar dengan asap rokok. Kemudian mereka memindahkan tikus tersebut dalam ruangan dengan suara keras yang berkekuatan 105 decibel (decibel adalah satuan kekuatan suara),  yaitu setara dengan suara yang didengar manusia yang duduk dibarisan depan dalam pesta musik yang hingar-bingar. Hasilnya tikus tersebut kehilangan kekuatan pendengarannya 20 decibel. Menurut perkiraan salah satu ilmuwan, jika hal itu terjadi pada manusia, maka dia tidaka akan bisa mendengar dengan jelas percakapan manusia dengan suara normal.

Mereka juga menemukan bahwa mendengar suara gaduh dan menghirup asap rokok sekaligus dalam waktu yang bersamaan lebih berbahaya bagi telinga daripada mendengar suara yang hingar-bingar atau menghisap asap rokok secara terpisah. Hal itu, karena bertambahnya karbon dioksida dalam darah akan mengurangi pasokan oksigen menuju sel-sel saraf ditelinga bagian dalam. Sel-sel ini yang memungkinkan manusia untuk mendengar. Sel-sel ini akan berpindah ketika terjadi getaran rambut-rambut kecil dalam telinga dan setiap kali terdengar suara keras. Rambut-rambut dalam telinga akan bergetar setiap kali sel-sel saraf membutuhkan oksigen lebih banyak. Karena itu, para ilmuwan menyakini bahwa kekurangan kadar oksigen dalam sel-sel saraf yang disebabkan tercemarnya udara oleh asap rokok akan menyebabkan rusaknya pendengaran, ketika mendengarkan suara yang keras.

Berlangganan artikel via email

44 Response to "Asap Rokok Membahayakan Telinga"

wanh baru tau nih, tyerimakasih mas atas ilmunya, semoga bermanfaat.

Balas

Ini info baru bagi saya..
Ternyata selain merusak paru2 dan membuat perih mata, asap rokok juga bahaya bagi telinga..
Wah saya harus hati2 nih..
Makasih infonya :D

Balas

alhamdulillah saya ngak ngrokok sob, haha begimana dengan mas admin nih ngrokok pora hayo? wkwk :D

Balas

terimakasih kunjungannya mas..

Balas

nah ini harus dibaca sama bapak2 dan mas2 yg suka merokok, dampaknya sangat jelek kan?

Balas

selamat menjaga kesehatan sob :)

Balas

alhamdulillah sampe sekarang saya masih lancar mas, i love djarum super :D
haha..

Balas

asal merokoknya gak kayak kenalpot kereta gapapa kok mbak :)

Balas

tapi kalo tidak merokok saya nya nggak bisa nulis tuh bro? hehe...

Balas

nulisnya di ganti pake pensil mas bro kalo pas gak ada rokok :)

Balas

Nice post :)

please visit and follow my blog..
thanks ^^

zaenuri-sensei.blogspot.com

Balas

I love Surya16.. hihiihh

Balas

yang ngerokok kayak cerobong asap itu yang dampaknya jelek.. xixixix

Balas

syukurlah saya kalau ngerokok gak pernah sambil dengerin musik keras2... hehhee

Balas

hehe untung ane gk doyan ngerokok tapi informasi yang bagus nih sob bisa menambah wawasan

Balas

Waaah baru tau gan thx :)

Balas

terimakasih kunjungannya, segera meluncur gan :)

Balas

iya mas sama kayak aku, aku kalo merokok cuma sambil pegang rokok aja :) hehehe,,

Balas

begitu lebih bagus sob, semoga terhindar dari bahaya rokok :)

Balas

makasih udah mampir gan :D

Balas

silahkan gan.. terimakasih kunjungannya :)

Balas

terus terang saya baru tahu sobat, ternyata asap rokok ini sangat membahayakan bagi telingan juga
terima kasih infonya kawan

Balas

wah mantap nih infonya, ternyata begitu yach

Balas

Logis juga tuw penjelasannya. Merokok ternyata banyak efeknya juga, tapi kenapa ya kok hampir semua orang masih suka juga merokok.hehe

Balas

iya gan semoga bisa bermanfaat buat semua.

Balas

iya gan begitu doang :) thanks kunjungannya,,

Balas

sudah terbiasa mungkin gan, jadi sudah menjadi kenikmatan tersendiri. soalnya seperti saya juga udah kecanduan rokok jadinya tanpa rokok susah mikir, bikin pusing kepala :)
hehehe,,

Balas

rokok memang salah satu sumber penyakit mematikan yang ada di dunia

Balas

jelas banyak efek buruk nya dari ketimbang manfaatnya ya mas...
#herannya banyak orang yang suka ya ....ups

Balas

Kalau saya, kopi dan udud adalah pasangan serasi saat blogwalking ... :)

Balas

benar sobat, artikelnya sangat bermanfaat sekali, terima kasih

Balas

biar begitu tapi anehnya sampe dokterpun juga banyak yang merokok ya sob :) heran saya asap aja bisa laris ya..

Balas

sisi positif merokok juga banyak kok mas,
positif kanker, positif serangan jantung, positif impotensi dan banyak lagi positif2 lainnya :D
hehehe,,

Balas

nikmat ya mas, enjoy tuh.. jadi lebih nyantai :)

Balas

wah infonya bagus sekali sob..ternyata rokok itu sangat mebahayakan..tapi kenapa ya banyak orang tidak menyadarinya..trimakasih sob..salam..

Balas

teeimakasih kunjungannya gan :)

Balas

sebenarnya setiap orang sudah memahami gan, namun kebanyakan dari mereka ingin mengurangi persebaran nikotin di indonesia dengan cara membeli rokok lalu dihisap deh asapnya :D
terimakasih sudah berkunjung gan,,

Balas

Nice Post nih ... Semoga bisa menjadi pencerahan buat semua.
Btw, Buat saya, silahkan merokok namun tahu diri. Apalagi kalau merokok ditempat umum/ruang publik, bus/AKAP dan ada tanda larangan pula.

Balas

ternyata ada dampak buruk rokok terhadap telinga bila dibarengi suara keras. Penikmat dugem dan diskotik menjadi sasaran utama kerusakan telinga tersebut. terimakasih sudah berbagi mas andes

Balas

.: Iden dengan Mas Jefan, hati2 buat penggemar dugem...^_^

Balas

emang gak ada habis2nya efek rokok..

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Asap Rokok Membahayakan Telinga" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode