Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Tips Meningkatkan Kualitas Konten Blog

Tips Blogger Tips Meningkatkan Kualitas Konten Blog - Ada berbagai perubahan sederhana yang dapat diperbuat untuk menulis posting blog yang dapat meningkatkan lalu lintas ke blog dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan blog dalam jangka panjangnya. Selain mengandalkan trik Search Engine Optimization (SEO) untuk mendapatkan perhatian dari search engine seperti Google atau lainnya, fokus pada saat menulis posting juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan potensi konten terhadap search engine yang tentu dapat mendatangkan trafik ke blog. Trik meningkatkan pengalaman dalam menulis dapat membuat konten blog lebih akrab terhadap setiap serach engine agar konten yang setiap di publikasikan tidak tersia-siakan, maka dengan adanya hal ini berikut adalah Tips Meningkatkan Kualitas Konten Blog dan membuat halaman blog agar lebih ramah search engine.

1. Spesifikasi Judul
Sebuah judul yang menarik dan relevan adalah pilihan terbaik dalam memaksimalkan konten. Jika dalam judul posting saja sudah terdapat kata kunci, maka semakin baik pula konten tersebut di halaman hasil pencarian search engine. Ingat, relevansi harus selalu menjadi prioritas lebih tinggi daripada kata kunci.

2. Link Internal
Hubungkan artikel terbaru yang sedang anda tulis kedalam halaman konten yang terkait. Hal ini bermaksud untuk mengangkat kembali prioritas konten yang lama dengan dihubungkannya kedalam konten yang lebih baru, konten yang bermanfaat jika dihubungkan melalui link internal dalam posting tentu juga akan lebih memudahkan pengunjung dalam menemukan halaman yang terkait dengan isi konten tersebut. Namun tidak hanya itu, menghubungkan setiap konten dengan link internal tentu juga dapat membantu optimasi search engine dalam menemukan dan menampilkannya pada halaman penelusuran, asalkan anda menghubungkannya ke konten internal yang berguna dan relevan.

3. Penempatan Link Internal
Link internal yang terdapat di konten blog sangatlah penting, tetapi perlu diperhatikan juga untuk memasukkan dimana penempatan letak link internal tersebut. Sebaiknya link internal digunakan dalam tiga dari posting anda dan dengan penempatan yang di prioritaskan sebelum link eksternal digunakan. Sekali lagi, menempatkan link internal seimbang dan sesuai agar tidak merusak isi dari posting blog dengan memprioritaskan penempatan link.

4. Penggunaan Anchor Text
Pada saat menghubungkan suatu halaman, hindari menggunakan satu kata kunci yang sama atau frase kata kunci ke beberapa URL. Demikian pula, hindari menghubungkan suatu halaman yang bervariasi dari kata kunci yang sama ke URL yang sama. Search engine tidak menyukai salah satu dari taktik ini. Semakin konsisten dalam menghubungkan konten, semakin baik pula konten tersebut di dalam lalu lintas pencarian.

5. Batasi Jumlah Link
Jangan menyebar link di dalam satu halaman posting. Tidak hanya membuat sulit bagi pengunjung untuk mengetahui link mana yang paling penting dan berguna, tetapi ini juga merupakan teknik spam yang tidak disukai oleh search engine. Gunakan penggunaan batas link (baik itu link internal maupun eksternal) untuk setiap link minimal berjarak 200 kata.

6. Optimalkan Gambar
Mengambil sedikit waktu untuk memberi title gambar yang digunakan dalam posting dengan judul yang berguna dan menjelaskan apa dari isi gambar tersebut. Anda dapat memasukkan kata kunci kedalam title gambar secara spesifik. Ketika mengupload gambar, pastikan untuk selalu menambahkan Alt-Tag dan title gambar. Menggunakan kata kunci didalam Alt-Tag dan title gambar juga akan meningkatkan kualitas konten.

7. Jumlah Karakter
Dalam menulis posting blog membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyediakan konten yang cukup baik untuk orang-orang dan search engine agar memahami keseluruhan konten yang anda tulis. Oleh karena itu, dalam menulis posting pastikan bahwa jumlah karakter kata yang anda gunakan cukup untuk membuat search engine dapat mengindeks, tetapi hindari menulis terlalu banyak sehingga orang tidak mau meluangkan waktu untuk membacanya. Usahakan setiap konten tidak kurang dari 500 karakter dan tidak lebih dari 900 karakter.

8. Terupdate dan Terjadwal
Frekuensi posting blog mempengaruhi lalu lintas visitor secara signifikan. Tidak hanya search engine yang akan memberikan lebih banyak lalu lintas ke blog dengan konten yang selalu up to date, melainkan akan lebih banyak juga orang yang akan membagikan konten tersebut kedalam jejaring sosial.

9. Kualitas Konten
Ini unsur yang paling penting. Menulis konten berkualitas yang berguna untuk semua orang adalah diatas segalanya. Walaupun sudah menggunakan trik SEO tidak akan membantu jika konten berkualitas rendah. Perubahan algoritma Google dan rekomendasi para ahli SEO, satu hal yang akan tetap konstan adalah konten yang berkualitas tinggi. Konten berkualitas tinggi inilah yang akan terus mengarahkan lalu lintas ke blog.

Berlangganan artikel via email

63 Response to "Tips Meningkatkan Kualitas Konten Blog"

selamat malam Sob...mantap sob tips tipsnya...menurut saya konten adalah Raja, sebagai blogger kita tidak boleh hanya menulis untuk search engine tetapi kita juga harus menulis untuk pengunjung blog kita...

Balas

Owh gitu to mas .. oke deh kalau begitu !!

Balas
avatar
Anonymous

Pembahasan tentang SEO memang tidak akan
Habis ujung tepi nya yah Mas? untuk membuat
Suatu blog yang benar2 memenuhi standar seo
Lumayan juga, terima kasih atas info nya Mas..

Balas
avatar
Anonymous

minimal 500 karakter dan jangan lebih 900, pasti bisa :D
walaupun terkadang pegel juga hehe

Balas

nomor 9 ini yang masih jauh, kadang aku malu dengan postinganku sendiri.

Balas

Mungkin masih byk blogger yg hanya sekedar menulis buat menyalurkan hobi aja..tanpa mengindahkan trik agar kontennya bisa nangkring di page one.. Seperti sy hehe :)

Namun setelah nyimak tips dari mas Andes...jd pingin juga nerapinnya mulai hari ini sama buat kedepannya..
Trim loh mas..udah dpt pencerahan dan ilmu nya.. :)

Balas

Haha..di oles parem kocok aja mas..ampuh juga loh buat ngusir pegel2 :)

Balas

Oke juga deh kakak... :)

Balas

kok sama dengan saya mas budi, walau belum mutlak lebih baik setidaknya sedikit2 saja diperbaiki...

Balas
avatar
Anonymous

tapi susah untuk diterapkannya sob soalnya saya masih newbie. ^_^

thx master atas ilmunya. ^_^

Balas

yg optimalkan gambar tuw yg paling males kalok sy ngeblog...
-_-

Balas

bingung dgn SEO sob.., trkadang trindeks trkadang tdk.... *smile

Balas

kalau update artikelnya rutin di jam yang sama bikin bagus alexa rank-nya ya

Balas
avatar
Anonymous

Wah sudah agak berubah nih temanya,,, tp bagus juga bisa menambah pengetahuan ttg search enginr...

Balas

Saya sepakat dengan statemen Kang Hayardin. Menulis untuk orang itu lebih diprioritaskan dari pada menulis untuk search engine. Karena kecintaan search engine mudah pasang surut. Tapi kalau kecintaan seseorang insyaAllah langgeng :D

Balas

Tips yang sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua agar selalu memperhatikan aspek-aspek kecil dalam kaitannya dengan optimasi SEO. Agar nantinya posting yang dibuat dengan susah payah, bisa di indeks oleh searh engine, yang pada gilirannya akan mendatangkan visitor organik.

Tapi kita juga harus tahu bahwa pengalaman pengguna, itu juga penting. Seberapa manfaatkah tulisan tersebut untuk orang. Nah, apabila bermanfaat, bisa dipastikan positng tersebut akan selalu muncul di halaman pertama Google. Karena Google tidak mementingkan frekuensi update blog, melainkan lebih memprioritaskan pengalaman pengguna internet.

Hal ini saya temukan ketika melihat Blog Juragan. Blog tersebut sudah tidak update lagi selama bertahun-tahun. Update terakhir tahun 2009. Tapi blog nya selalu muncul di halaman pertama Google. Aneh kan? hehehe Itulah pentingnya user experience.

Balas

Sorry bukan tahun 2009, tapi tahun 2011 hehehe :D
Salah ketik :D

Balas
avatar
Anonymous

mantaap bnget tipsnya kang.. Terimakasih bermanfaat banget bagi saya...

Balas

selamat malam sob :)


wah tips nya lengkap banget nih :D hehehe

Balas

Tipsnya sangat menarik. Menulis blog memang gampang-gampang susah, apalagi jika harus dikombinasikan antara tujuan menulis untuk search engine dan untuk pengunjung blog. Berkaitan dengan search engine, permalink juga penting untuk meningkatkan kualitas konten. Judul yang panjang kadang membuat permalink otomatis terpotong ditengah, sehingga kalimatnya kurang mengena. Perlu dilakukan custom permalink dan memilih kata-kata yang tepat mewakili isi seluruh konten.

Balas
avatar
Anonymous

nomer 9 itu paling sulit pak, blog sy sendiri masih copas. Untuk bnr2 punya konten blog yg original dan update secara reguler butuh waktu yg tentu tdk sedikit, dan itu yg seringkali saya tdk punya.

Balas

Optimalisasi waktu blogging juga sangat dibutuhkan untuk point ke 9, kadang yang menjadi masalah setiap blogger adalah menyajikan sebuah informasi yang baik dengan keterbatasan waktu yang ada, tanpa menghilangkan kualitas sebuah artikel itu sendiri.

Balas

begitu juga ok mas....

Balas

pijit-pijit dikit lah...

Balas
avatar
Anonymous

Tipsnya sangat penting banget untuk meningkatkan kualitan konten blog kita, saya banyak belajar nih disini, makasih mas Andes...

Oh ya cara mengetahui jumlah karakter yang kita bikin pake apa mas, masa dihitung satu per satu hehe...

Balas

Wahaa. Blog saya kacau semua kalau ditinjau dari tips diatas. Saya mah taunya nulis aja. Thanks infonya Mas. Salam kenal.
Oya, mari tukaran link. Blog Anda sudah saya pasang di Daftar Link saya.

Balas
avatar
Anonymous

Kalau kata senior blogger, selalu update. Untuk yang satu ini, belum bisa konsisten.

Balas

mas begitu juga oke ...

Balas
avatar
Anonymous

wahh semoga bermafaat buat pemula sepeerti sayaa

Balas

Salam Kenal Gan,,

Mantap nih,,selama ini saya selalu berusaha seperti yang anda maksudkan dalam artikel ini,,mudah mudahan artikel saya tetap optimal,,.

cuma memang satu kelemahan saya adalah,terkadang tidak ada ide menulis sama sekali,dan kadang bingung membuat kalimat untuk setiap paragraf,,.

kecuali yang benar benar saya kuasai..!!

My Blog mutingpost.blogspot.com

Balas

lama vacuum diblogger ternyata saya udah banyak ketinggalan artikel mas anden. Tumben postingan kali ini tidak memberikan widget dan sejenisnya, skrg seputar blogging.

Satu hal yg saya dapat disini, atau bisa dibilang saya baru tahu dari artikel ini yaitu tentang batasi jumlah link.slma ini saya tidak memperhatikan harus minimal 200 kata untuk menempatkan sebuah link terkait (internal link). Dulu saya asal pasang aja.. :D

OK..Lanjutkan mas. :D

Balas

slamat mlm sobat. trmksih banyak ni infonya ane mau pelajari D:

Balas

untuk saat ini tips yang ke 8 belum bisa saya terapkan sob, tapi mudah mudahan lambat laun dapat di terapkan, makasih banyak sob untuk infonya

Balas

bagaimana bisa pengunjung bisa menumakan dan membaca konten tersebut, tentu dari search engine bukan?kecuali pengunjung yang suka blogwalking. walopun menulis hanya untuk pengunjung tentu perlu optimasi bukan, jika tidak ngapain blognya di daftarin webmaster google :) itu baru logikanya

Balas

saya rasa tidak aneh mbak. blog tersebut tidak cuma 1 artikel posting doang kan.. bisa selalu muncul karena yang tadinya update satu demi satu artikel dan disetiap artikel juga terdapat aspek2 yang diperhatikan tentu itu mengoptimalkan optimasi SEO. dimana-mana yang namanya situs populer tidak cuma asal2an posting doang. itu juga riset keyword dari niche blog tersebut. jika konten punya kualitas tinggi dengan keyword yang mampu bersaing tentu dapat bertahan di halaman google. itu yang dinamakan kualitas konten, yang namanya optimasi tidak cuma menggunakan satu cara.. semua cara saling berkaitan :)

Balas

saya kira udah lupa sama akun blognya mas :) hehehe
kemana aja kemaren2, blognya nganggur tuh udah lama. berarti sekarang udah siap tempur lagi yah mas hehehe, makin enjoy sekarang ngeblog mas

Balas

itu bukan kelemahan kang, tapi manusiawi :) semua blogger juga pernah merasakan hal tersebut. walopun sudah ada ide tapi kalo lagi galau saya juga susah buat nulis setiap paragrafnya hehe.. pengalaman menulis yang dikuasai itulah justru yang bagus kang, jadi konten yang sebelum di publish memang benar2 sudah di kuasai terlebih dahulu

Balas

untuk membuat konten tidak harus langsung jadi dan langsung di publish mas, saya kalo lagi males nulis juga buat sejadinya kalo udah di save dulu lanjutin lain waktu, tinggal keluar cari angin segar hehehe..

Balas

semua memang butuh waktu mas, beda kalo udah terbiasa.. sulit karena belum terbiasa :)

Balas

aspek tersebut juga perlu diperhatikan kang, saya sendiri lebih suka custom permalink apabila judul yang saya gunakan kurang spesifik. kalo judul terlalu panjang pake permalink otomatis memang terkadang terpotong

Balas

Owh begitu ya. Wah saya jadi tahu nich tentang optimasi konten blog. Terimakasih banyak master atas penjelasannya :)

Balas

sangat mudah mas, konten yang sedang ditulis copy aja masukin ms word di bagian bawah pojok kanan kiri ada jumlah karakternya :)

Balas

Kolom gudang ilmu nih...
Ikutan nguping deh..biar ketular pintarnya...
Hehe :)

Balas

@ mas Agus : Sip TOS sepakat mas...emang lebih baik 1 x mencoba dari pd 100x mendengar... Hehe :)

@kang Ruly : Ea..yalah...kang Ruli mah udah masuk itungan master selevel mas Andes kali..hehe

Balas

Tangannya kan yg di pijit.. :)

Balas

Sambil mojok..nyundut Rokok..deh mesti..
Ngaku dah..hehe :)

Balas

Sekalian... nimbrung nanya deh...sama mas Andes..

Ada pengaruh kurang bagus ndak ya mas..terlalu banyak posting yg blm sempet ke publish numpuk di draft... :)

Balas

Mas babol... Bis cari wangsit dulu kali mas :)

Balas

Trus rencananya..mau pinjem kalkulatornya batal dong...mas Anth...hehe :)

Balas
avatar
Anonymous

Saya coba dulu tipsnya sob, siapa tahu blog saya akan lebih baik dari sebelumnya ^_^

Balas

itu tidak ngaruh mas, tidak ada efek buruk maupun efek samping :)

Balas

ngahaha saya denger kabar malah udah pinjem cimpoa punya adiknya mas :D

Balas

wedang jahe kopi anget dulu mas budi hehehe..

Balas

haha terlalu dini buat saya mendapat sebutan master mbak :) masih newbie dan perlu bayak belajar

Balas

whuss kang Ruly dilawan..
dia senior saya lhoo..
hehehe

Balas

Baiklah... baiklah... sedikit2 mari belajar, supaya pintar dan mudah2an sukses besar #cita2., tapi izin simpan dulu ini sob ^^

Balas

saya masih pemula mas, postingan ini sangat bermanfaat buat artikel2 saya selanjutanya

Balas
avatar
Anonymous

bermanfaat sekali unutk saya sbgi pemula blog

Balas
avatar
Anonymous

Wah Mas-Mas Senior Saya pada kumpul disini apa Kabar nya
Kang Mas semua..? semoga Sobat sehat-sehat saja,,yah termasuk
Kang Admin blog ini,, Mas Andes,, siapa yang mau ngasih Warisan
Ilmu tentang Blog,, saya siap menerima nya D: hhhh,, salam Hormat

Buat Mas, dan Sobat semua.

Balas
avatar
Anonymous

Kontent blog saya tidak sehebat Content blog nya
Mas Andes ini,.. saya hendak belajar Mas,,?
Izin nyimak jangan bosan yah Mas..? terima kasih

Balas

terimakasih banyak infonya mastah :) saya newbie alhamdulillah setelah baca artikelnya bisa dapet pencerahannya:) kesimpulannya berati kalo artikel kita sudah berkualitas kontennya lebih mudah tampil waktu di search engine ya? hehe :D

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Tips Meningkatkan Kualitas Konten Blog" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode