Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Mengendalikan Printer Jaringan Dengan Windows 9x

Mengendalikan Printer Jaringan Dengan Windows 9x
Mengendalikan Printer Jaringan Dengan Windows 9x - Bila  Anda  terkoneksi  dalam jaringan dengan sebuah printer yang di sharing di bawah Windows XP atau Windows Server 2003, maka drivernya akan terinstall secara otomatis. Namun driver  tersebut adalah  driver untuk Windows XP, karena hanya itu yang tersedia. Jadi bila Anda  terhubung  ke  jaringan yang  menggunakan  Windows 9x, Anda tidak dapat menggunakan printernya karena Windows versi lama membutuhkan driver  yang  berbeda.  Hanya Windows  2000  yang  dapat menggunakan driver Windows XP.  Masalah  ini  dapat Anda atasi dengan dua cara berikut :

1. Menginstalasi driver 9x pada PC lokal:
Instalasikan driver printer yang tepat pada PC Anda. Lalu masukkan  network path  ke printer  jaringan  sebagai  path untuk printer output. Untuk itu biasanya  tersedia  tombol Search dalam driver untuk menemukan  perangkat tersebut. Anda  harus  menginstalasikan driver pada setiap PC Windows 9x dalam jaringan.

2. Menyimpan driver 9x pada Print Server:
Anda  juga  dapat menyimpan  driver  9x  pada print server,  yaitu  PC  yang menyediakan printer. Otomatis Windows  akan  mendistribusikannya. Untuk itu, klik kanan pada icon printer tersebut dan buka tab ‘Sharing’. Di sana klik tombol ‘Additional driver’. Dalam window berikutnya, tandai driver yang akan ditambahkan, misalnya Windows 95, 98, dan Me, lalu klik ‘Ok’. Kini, Windows meminta Anda memasukkan  path  ke  driver. Masukkan CD yang berisi driver printer.  Di  sana  carilah  folder dengan  file-file  Windows  9x. Klik  ‘Ok’ dan  Windows  akan memeriksa dalam file INF, file mana yang dibutuhkan untuk mengendalikan  printer  dan mengcopynya  ke  dalam sebuah folder pada hard disk.

Awas:  Jangan  sekali-sekali menginstalasi  driver  9x  dibawah  Windows  2000  atau Windows  XP.  Akibatnya,  PC dapat crash,  bahkan  sistem operasi  bisa  tidak  berfungsi sama sekali.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Mengendalikan Printer Jaringan Dengan Windows 9x" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode