Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Susunan Koloni Rayap

Susunan Koloni Rayap
Susunan Koloni Rayap - Sebagai serangga sosial yang polimorf, rayap hidup didalam kelompok yang besar yang disebut koloni atau kumpulan rayap. Ada yang kita kenal sebagai rayap sejati adalah laron, terdiri dari kelamin jantan dan betina, fertil, artinya dapat berkembang biak.

Sebaliknya anggota kasta lainnya, meskipun jumlahnya banyak dan memikul tanggung jawab yang besar, adalah kelompok yang steril, tidak dapat berkembang biak. Pada beberapa jenis rayap tanah koloninya membentuk gundukan tanah liat yang dinamakan gumuk rayap. Ukurannya dapat besar atau kecil tergantung pada jenis dan umur koloni rayap. Gumuk rayap yang sudah tua dapat mencapai setinggi orang. Sebenarnya tidak semua rayap dapat membentuk gumuk, tergantung pada jenis dan keadaan tanah tempat berkembangnya rayap.
Jika gumuk tanah dibuka tampak didalamnya koloni rayap yang terbagi didalam kasta-kasta (kasta pekerja, kasta prajurit, dan kasta reproduktif yang terdiri dari ratu dan raja rayap). Anggota dari setiap kasta bekerja bersama, memikul tugasnya masing-masing, membentuk kehidupan sosial yang sangat harmonis. Kerja sama yang sangat baik inilah yang membuat rayap memiliki kemampuan besar dalam perombakan kayu.
Kasta pekerja adalah rayap yang kita kenal sehari-hari, anggotanya paling banyak dibanding kasta-kasta lainnya. Rayap ini tidak bermataukuran badannya jauh lebih kecil daripada anggota kasta-kasta lainnya. Tugasnya yang utama adalah mencari makan dan mengumpulkan makanan. Pada rayap tanah, makanannya sering harus dikumpulkan dari tempat-tempat yang sangat jauh dari koloninya melalui lorong-lorong yang dibuat didalam tanah. Kasta pekerja juga harus melayani dan memberi makan kasta prajurit dan rayap ratu serta raja. Selain itu, rayap pekerja juga harus menanam jamur dikebun jamur, serta memelihara dan menjaga telur serta anak-anak rayap yang baru menetas.
Kasta prajurit terdiri dari rayap-rayap yang bertubuh kekar. Ukuran badan biasanya lebih besar dari pada rayap kasta pekerja, mempunyai rahang yang kuat dan besar, tidak bermata dan matanya sudah tidak berfungsi lagi. Didalam koloni rayap, jumlah kasta prajurit jauh lebih sedikit daripada rayap kasta pekerja. Tugas utamanya adalah menjaga koloni rayap dari serangan musuh-musuhnya. Dengan rahangnya yang selalu menganga prajurit rayap siap menyerang semut dan binatang kecil lain yang masuk kedalam sarangnya.
Beberapa jenis rayap tanah mempunyai prajurot yang berukuran kecil, rahangnya tidak berkembang, tetapi mempunyai pembukuh kecil diujung kepalanya. Prajurit seperti ini dijumpai pada rayap nasutitermes. Pembuluh ini gunanya untuk menyemprotkan cairan lengket ke arah musuh-musuhnya dan membuatnya tidak berdaya.
Kasta reproduktif adalah rayap ratu dan rayap raja, didalam koloni rayap hanya ada satu pasang. Bentuk badannya jauh berbeda dengan rayap pekerja dan prajurit. Rayap ratu mempunyai perut yang sangat besar, pada rayap tanah dapat mencapai ukuran sebesar ibu jari kita. Didalam perutnya terdapat telur-telur dalam jumlah sangat banyak. Rayap ratu dapat hidup lama, mencapai umur 5 tahun, menghasilkan telur lebih dari 10.000 butir. Rayap raja berukuran lebih kecil, perutnya tidak berkembang, tugasnya menemani ratu dalam melakukan fungsi reproduksi (memproduksi atau menghasilkan kembali).
Rayap ratu dan raja pada tanah umumnya terdapat didalam tempat khusus yang disebut rumah ratu rayap, berupa kamar atau rongga yang dibuat dari tanah liat tebal yang amat keras. Rayap ratu da raja untuk selama hidupnya akan tinggal dan tidak pernah kluar dari kamarnya. Pada dinding kamar ratu terdapat lorong-lorong yang menghubungkan kamar rayap ratu dengan anggota rayap lainnya. Melalui lorong-lorong tersebut rayap pekerja dapat masuk kedalam dan keluar kamar untuk memberikan makanan rayap ratu dan raja.
Rayap ratu dan raja pada rayap kayu kering badannya tidak berkembang. Ukuran badannya sedikit lebih besar daripada rayap pekerjanya. Ratu hanya menghasilkan beberapa ratus telur saja sepanjang hidupnya yang hanya beberapa bulan saja. Rayap kayu kering tidak mempunyai kasta pekerja sejati. Pekerjaan untuk memberi makan anak-anak rayap, prajurit, dan ratu serta raja rayap, dilakukan oleh rayap nifpa yang akan tumbuh menjadi laron.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Susunan Koloni Rayap" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode