Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

10 Tips Strategi Link Building

10 Tips Strategi Link Building
10 Tips Strategi Link Building - Jika anda sudah melakukan untuk membangun link pada blog yang anda kelola tentu sangat paham akan hal ini karena banyak menyita waktu untuk menciptakan sejumlah link masuk kedalam blog anda, dengan begitu maka anda pun sudah tahu bahwa itu bukanlah proses yang sederhana atau linear.
Strategi Link Building merupakan komponen penting dalam membangun sebuah blog yang sukses. Link memberikan blog anda otoritas lebih pada Technorati dan Google PageRank yang lebih tinggi. Hal ini dapat membuat peringkat blog anda lebih menarik bagi pengiklan, yang memungkinkan anda untuk mengenakan tarif iklan yang lebih tinggi. Selain itu, blog anda akan semakin tumbuh berkembang pesat dan jumlah link masuk akan terus tumbuh meningkat drastis, juga selain pada Google PageRank yang meningkat, tentu posisi blog anda juga semakin pesat untuk menduduki puncak SERP Google, yang setara dengan lebih banyak lalu lintas ke blog anda. Dengan lebih banyak lalu lintas, maka datang lebih banyak pula tayangan iklan. Potensi yang luar biasa akan anda raih dengan datang lebih banyak pemasang iklan dan pada akhirnya akan menjadi tambahan uang yang lebih bagi anda. Untuk itu, maka berikut adalah 10 Tips Strategi Link Building yang akan menjadi sumber dasar pendapatan dari blog yang anda kelola:

1. Menulis Konten Besar
Cara termudah untuk mendapatkan orang agar mau memasang link yang mengarah ke blog anda dari blog atau website mereka adalah dengan cara mempublikasikan konten yang besar. Tentu saja, jika anda menulis posting yang menarik, berguna dan bermanfaat, mereka juga akan menginginkan hal tersebut dan mereka akan membahas topik yang sama pula saat memposting di blognya dan dengan menaruh link sumber pada akhir posting dimana link tersebut akan mengarah ke blog anda. Itu berarti akan lebih banyak link yang mengarah ke blog anda.

2. Submit ke Blog Direktori
Ada beberapa direktori blog dimana anda dapat menambahkan link ke blog anda seperti BlogHer. Beberapa bahkan termasuk aspek sosial seperti BlogCatalog, dll, yang menyediakan beberapa cara untuk meningkatkan jumlah link masuk ke blog anda hanya melalui pendaftaran anda.

3. Tukar Link
Setelah anda memiliki jumlah konten menarik yang dipublikasikan di blog anda, lakukan pendekatan kepada blogger lain dengan otoritas blog yang sama atau bisa juga dengan yang lebih baik dari blog anda (seperti yang ditunjukkan melalui peringkat blog mereka, di Technorati, Alexa maupun Google PageRank) dan ajaklah supaya mau bertukar link. Ini adalah yang paling sukses ketika kedua blog yang berkaitan dengan subjek yang sama dan anda mengembangkan hubungan dengan blogger lain dengan meninggalkan komentar di blognya.

4. Mengisi Buku Tamu / Guest Book
Meninggalkan jejak dengan menulis di Buku Tamu atau Guest Book adalah cara yang bagus untuk tidak hanya mengarahkan lalu lintas baru ke blog anda dan mempromosikan blog anda, tetapi juga untuk meningkatkan jumlah link masuk ke blog anda. Hal ini sangat berguna ketika anda dapat menulis di buku tamu pada blog yang memiliki otoritas lebih tinggi dari blog yang anda miliki, seperti yang anda lihat pada Technorati, Google PageRank dan Alexa Rank pada blog mereka.

5. Adakan Kontes SEO Untuk Blog Anda
Kontes SEO adalah cara yang sangat bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke blog anda dan meningkatkan jumlah link masuk. Pertama, anda dapat mempromosikan kontes blog anda pada berbagai situs promosi kontes blog untuk menambahkan link masuk. Selain itu, anda juga dapat membuat aturan kontes dengan memberitahu peserta agar yang mengikuti kontes SEO tersebut saat memposting di blog mereka untuk menyertakan link dengan anchor teks yang sudah anda tentukan atau dengan keyword dari blog anda.

6. Menulis Artikel Untuk Situs Lain
Ada banyak situs yang mau menerima kiriman Artikel dari siapapun, seperti eHow dan Associated Content. Selain itu, anda dapat pula mengejar opportuntities menulis untuk majalah online dan publikasi yang menerima kiriman freelance dan yang berkaitan dengan topik blog anda. Pastikan untuk menyertakan link pada artikel yang mengarah ke blog anda dengan disertai biodata.

7. Buat Blog dan Website Lain
Buat blog tambahan, website, Squidoo, HubPages dan banyak lagi, dan interlink semua dari backing blog anda tersebut untuk meningkatkan link blog utama anda secara eksponensial.

8. Komentar di Blog Lain
Ketika anda meninggalkan komentar di blog lain, selalu pastikan untuk memasukkan URL blog anda di bidang URL dari bentuk komentar. Ini adalah kebiasaan yang baik untuk selalu menyertakan URL anda, sehingga kesempatan selalu ada untuk link yang masuk dengan setiap komentar yang anda kirimkan.

9. Sertakan URL Blog di Signatures Forum Online
Bergabung di forum online yang berhubungan dengan topik blog anda dan selalu aktif berpartisipasi. Pastikan URL blog anda termasuk dalam signature forum anda, sehingga muncul sebagai link langsung setiap kali anda mengirimkan pesan di forum.

10. Berpartisipasi Dalam Situs Jaringan Sosial
Situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn menyediakan area di mana anda dapat memasukkan URL blog anda dalam profil anda. Gunakan account jaringan sosial anda untuk lebih mempromosikan blog anda dan untuk mengarahkan lalu lintas tambahan.

Apakah ada yang mau memikirkan alternatif tambahan? Atau ada cara lain yang lebih singkat mungkin? Tidak ada salahnya kalau kita sharing tentang hal ini bersama untuk mengupas lebih dalam lagi.

Berlangganan artikel via email

12 Response to "10 Tips Strategi Link Building"

Tekniknya masih banyak yang belum saya lakukan / optimasi .. saat ini webku terkena unnatural link, kira-kira itu kenapa ya? dan apa bisa dikembalikan lagi? Trims

Balas

Link building juga bisa dilakukan di blog kita sendiri. Taruh link yang mengarah ke postingan kita yang lain di sebuah postingan kita (tentunya dengan keyword yang benar). Saya rasa cara ini sangat ampuh untuk membangun link sekaligus membuat konten postingan kita semakin SEO. :)

Tapi hati-hati jangan sampai over link building, bisa dianggap penyimpangan nanti oleh Google.

Balas

hi..thanks for visiting my site

Balas

Terima kasih nih bnag Andes atas tipsnya yang sangat berguna dan bermanfaat khususnya buat saya pribadi..hahhahyyy

Balas

wahhh kayaknya perlu dicoba nich strategi dari mas andes, soalnya blog saya selalu sepi :D

Balas

pemberian award juga termasuk ndak ya mas...hehe :)

Balas

wahh keren banget nih sobat artikelnya + bagus. sgt bermanfaat bagi saya nih dan juga sobat blogger lainnya juga.. thnks sobat

Balas

saya itu point nomor 8 yang masih setengah2. jujur saya jarang berkomentar di blog orang. saya sukanya dapet traffic banyak tanpa blogwalking :x

Balas
avatar
Anonymous

10 Strategi ini sangat bermanfaat buat membangun blog kita
Yah Mas? saya memang masih bingung awal nya tapi setelah
Membaca artikel ini, sedikit banyak nya, nambah pengetahuan
Baru buat saya, di simak perlu di bookmark nih, trima kasih Mas?

Balas
avatar
Anonymous

banyak juga ya mas, tapi nggak papa deh langsung praktek

Balas

Tips yang bermnafaat gan, menanam link blog kita dimana-mana sangat bermanfaat sekali untk meningkatkan visitor. Dari beberapa tips yang agan jelaskan diatas saya baru melakukan baru beberapa poin saja. Poin-poin yang lain nanti akan saya praktekkan.

Balas

blog saya baru berumur sekitar 2 1/2 gan tapi sudah memiliki backlink lebih dari 2000, tapi yang saya heran mengapa kebanyakan artikel saya selalu berada pada posisi halaman 2 google, ya ada sih beberapa yang tampil di halaman 1 google, tapi saya berfikir apakah backlink itu berdampak hebat untuk sebuah artikel atau penempatan kata kunci yang relevan yang bisa mengantar artikel masuk di bursa halaman satu google? masih saya selidiki saat ini hehehe salam berbagi mas

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "10 Tips Strategi Link Building" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode