Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Motivasi Belajar Pada Air

Belajar Pada Air
Motivasi Belajar Pada Air – saya cuma mau sedikit berkata, jangan tegang dan santai saja. Malam minggu masih hujan gagal apel tidak perlu bete, ngambek maupun marah. Dari pada ngomelin pacar lebih baik baca ini saja, sedikit solusi dan makna untuk melangkah kedepan.
Air merupakan benda mati yang terdiri dari Hidrogen dan Oksigen. Air sangat dibutuhkan bagi manusia, tumbuhan dan hewan. Air memiliki sifat bening dan jernih. Bening dan jernih merupakan ciri khas air yang masih alami. Kejernihan hati dalam memahami sesuatu mutlak diperlukan untuk menghasilkan pemahaman yang sempurna. Sebagaimana air yang bening, hati yang bening akan lebih mudah menerima pelajaran. Tidak memandang siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan, dan bagaimana cara menyampaikan, karena pada dasarnya seluruhnya akan memberikan sesuatu akibat baik dan buruk. Oleh karena itu, segala sesuatu tinggal bagaimana kita menerima, memahami, dan mengaktualisasikan. Air dapat menyuburkan tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang bermanfaat bagi manusia. Dalam hidup jangan asal hidup saja atau istilahnya tapi hidup harus berguna. Air jika dimasukan kedalam gelas maka bentuknya seperti gelas, jika di tuang kedalam mangkuk maka bentuknya seperti mangkuk. Hal ini karena sifat air fleksibel dan luwes. Dalam hidup kita harus luwes dan mampu menempatkan diri pada lingkungan sekitar. Baik dalam ucapan maupun tindakan.

Air secara alami selalu mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah. Dalam hidup kita jangan sampai menjadi orang yang sok, berlagak, atau belagu. Jangan pernah memandang rendah sesuatu karena biasanya hal ini akan menyebabkan hati akan tertutup. Apalagi memandang rendah orang lain. Meski kita termasuk orang yang terpandang, tapi kita jangan hanya bergaul dengan orang-orang yang setingkat dengan kita. Jangan malu bergaul dengan orang yang tingkatnya lebih rendah dari kita. Air akan terus mengalir dan akan berhenti sampai tempat paling rendah yang ditemui. Hidup adalah untuk belajar. Karena belajar menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang sejak lahir hingga mati. Karena itu motivasi untuk belajar memiliki peranan penting dalam keberhasilan belajar. Dengan motivasi itu kita tidak akan pernah bosan untuk belajar, belajar dan belajar. Sebab kalau seseorang sudah termotivasi untuk belajar, dia akan haus akan ilmu.

Air terus mengalir ke satu arah, tidak peduli apa yang terjadi. Ketika ada batu besar ditengah-tengah, apakah air akan menyerah dan berhenti mengalir? Apakah air akan berkata “Ada batu besar didepan, lebih baik saya menyerah dan berbalik”? air itu akan terus mengalir melewati batu dengan mengalir ke sisi kiri dan kanan batu. Meskipun kita menghalangi air dengan membuat penahan di sepanjang sungai, air akan tetap mengalir. Seperti layaknya bendungan, meskipun air ditahan, ia akan terus mengalir dan dalam waktu lama akan berkumpul lebih tinggi dari bendungan sehingga berhasil mengalir keluar. Hebatnya, semakin ditahan, kekuatan air akan semakin besar sehingga dapat membangkitkan listrik. Air tidak dapat berpikir untuk berbalik arah. Air tidak pernah berhenti untuk mengalir hanya karena ada beberapa penahan didepannya.

Kita juga bisa belajar dari prinsip air yang mengalir. Kita harus terus maju dan berjuang demi impian kita. Jika menemui rintangan yang berat, maka kita bisa mengambil jalan lain dengan melewatinya, seperti air yang mengalir melewati sisi kiri dan kanan batu. Air tidak pernah mundur, karena mudur itu lebih mudah daripada terus maju. Air juga tidak pernah takut jika sudah berada ditepi air terjun. Ia akan terus mengalir dan jatuh kebawah dan kemudian terus mengalir maju kedepan. Begitu juga, ketika kita menemui sesuatu hal yang membuat kita gentar, maka kita harus berani menghadapinya daripada menghindari dan memutuskan untuk menyerah. Air tidak pernah bisa dibendung dan terbendung. Tertutup satu jalan didepan, ia akan berusaha mencari jalan lain dan terus mencari sampai jalan itu benar-benar didapatinya.

Air tidak pernah menyia-nyiakan lubang bocor di ember atau di bak sekecil apapun. Ia akan mengalir deras menuju kebebasan bergerak dan keberhasilan. Seperti air tidak seharusnya kita manusia menyerah pasrah dan putus asa, setiap kali membentur halangan dalam meraih cita-cita. Bagaikan air yang membuat batu berlubang ataupun yang mengikis karang, dengan butiran-butiran kecil ataupun desiran buih yang serempak tapi terus-menerus tanpa mengenal lelah ataupun berhenti sesaat selama masih terdapat aliran. Begitupun seharusnya kita yang tak kan pernah berhenti untuk selalu berusaha, sekeras apapun tantangan yang ada, jika kita lakukan dengan kesabaran yang tulus dan keikhlasan tentu akan memperoleh hasil, dan usaha yang dilakukan terus-menerus tak kenal henti hingga ajal menjelang.

Berlangganan artikel via email

16 Response to "Motivasi Belajar Pada Air"

ya mas, hidup ini butuh Dan penuh perjuangan.. salam kenal..

Balas

benar sekali sobat. tetap semangat :D

Balas

tetesan nya bisa jadi irama. yang ...menyejukan...

tapi reaksi amarahnya....bisa menenggelamkan..ya mas
-----
Nice motivasi :)

Balas

yup...prinsip air yang terus mengalir bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari hari kita Sob,,,Life Must Go On...

Balas

tanpa air , gak kan ada kehidupan di dunia ini.

Balas

yup benar sekali mas, di kehidupan nyata pun, air bermanfaat. untuk minum dan mandi. filosofi air memang bermanfaat.

Balas

Sangat menarik mas tetep berusaha dan berkarya layaknya Air mengalir

Balas

wah keren motivasinya mas ;) hidup harus terus berusaha ya mas :)

Balas

wihhh top banget commentnya kocoku yang sayu ini hehe

Balas

Motivasi tingkat tinggi nih sob,air menyejukan , tapi jangan terlena ,,,,

Balas

waw....terima ksih motivasinya mas...
kereeeennnn

Balas

keren mas andes, sangat setuju
memang kita tidak boleh menyerah pokoknya yg penting berbuat
trims Infonya

Balas

Artikel yg bermanfaat sekali.

Sukses selalu...

Balas

sangat memberi inspriratif mas-andes, "tetap berusaha mencari
solusi untuk setiap persoalan"

Balas
avatar
Anonymous

Betul sekali mas, kita bisa memetik banyak pelajaran dari air. Hal yang bisa langsung saya ingat kalau mendengar kata air adalah 'let it flow'. Sama seperti air yang sampai kapanpun akan selalu mengalir. :D

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Motivasi Belajar Pada Air" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode