Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Bertelepon di Jaringan dan Internet

Bertelepon di Jaringan dan Internet
Bertelepon di Jaringan dan Internet - Seperti halnya perkembangan di bidang jaringan W-LAN, saat ini segmen pengguna pribadi malah mendahului segmen corporate dalam hal penggunaan teknologi baru.  Pada pertengahan tahun 90-an, koneksi modem dan kapasitas Internet masih kurang memadai sehingga kualitas suaranya menjadi sangat jelek.

1. Internet IP Telephony
Saat ini, telepon Internet sudah semakin populer digunakan dalam masyarakat. Kemajuan ini berkat dukungan koneksi Internet yang cepat dan murah dan ditawarkan oleh banyak provider. Produk-produk seperti Sipgate, Freenet, atau Skype banyak dimanfaatkan oleh pengguna pribadi karena lebih ekonomis dan efisien biaya. Pengguna corporate biasanya membutuhkan kualitas suara yang baik untuk kepentingan bisnis mereka. Topik IP Telephony ini sudah dikembangkan sejak beberapa tahun lalu. Pada awalnya, sulit membuat terobosan karena kurangnya stabilitas, kemampuan, dan mahalnya perangkat. Sekarang, kondisinya sudah berubah. Menurut perkiraan dalam 5 tahun mendatang, sekitar 70 persen perusahaan yang ada sudah menerapkan IP Telephony.

2. Kelebihan IP Telephony
Ada beberapa kelebihan dari jaringan berbasis data dan voice (convergence network) yang disebut sebagai IP Telephony ini, yaitu: Biaya pengoperasian dan biaya percakapan yang lebih murah dibandingkan dengan  telepon konvensional. Produktivitas meningkat karena aplikasinya lebih mudah. Kelebihan Unified Messaging: Peningkatan produktivitas juga ditawarkan oleh Unified Messaging yang menggabungkan elemen email, fax, dan voice mail. Elemen-elemen ini dapat dibuka secara langsung melalui mail/inbox. Penelepon akan terhubung ke sistem penjawab telepon dan kemudian meneruskannya ke bagian marketing atau menawarkan pilihan untuk meninggalkan pesan bila panggilan tidak dijawab. Jadi walaupun tidak dijawab, perusahaan tidak perlu takut kehilangan pelanggan.

3. Nilai lebih bagi perusahaan kecil
Solusi ini bukan saja menguntungkan perusahaan besar, melainkan juga memberi kan nilai tambah bagi perusahaan skala kecil dengan menggunakan software Open Source, seperti dari Asterisk.org. Dibandingkan dengan sistem konvensional, teknologi baru ini tidak membutuhkan pengetahuan khusus. Proses Administrasinya bisa dilakukan oleh tim IT sendiri atau pun menggunakan jasa web hosting yang banyak tersedia dengan harga terjangkau. Bahkan, provider telekomunikasi nantinya menggunakan jaringan data/voice yang terintegrasi. Pembicaraan telepon akan dilakukan melalui jaringan data. Tidak lama lagi, teknologi Voice-over-IP (VoIP) akan menggantikan sistem telepon konvensional. Nasib yang sama juga terjadi pada piringan hitam yang digantikan oleh CD.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Bertelepon di Jaringan dan Internet" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode