Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

MAC Mengendalikan Sun: VNC Berfungsi Pada Hampir Semua Platform

MAC Mengendalikan Sun: VNC Berfungsi Pada Hampir Semua Platform
MAC Mengendalikan Sun: VNC Berfungsi Pada Hampir Semua Platform - Microsoft mengunggulkan "Remote Desktop" sebagai inovasi besar dalam Windows XP. Padahal semuanya tidak lebih dari sebuah versi yang lebih "cantik" dibandingkan Terminal Services yang telah lama dikenal. Remote Desktop Protocol (RDP): Ini pun barang lama dengan nama baru. Remote control semacam ini berfungsi dalam jaringan lokal dan juga melalui Internet. Hal terpenting adalah membuka port3389 pada firewall. Bila Anda tetap ingin melakukan pengendalian jarak jauh ketika berlibur, maka Anda harus menggunakan sebuah Pocket PC dengan ponsel. Perbedaan Software Remote Control dan Terminal yang Sebenarnya: Pada dasarnya harus dibedakan antara software remote control dan terminal sebenarnya. Software remote control hanya mencerminkan isi layar dari remote PC dan memperpanjang keyboard serta mousenya. Awalnya, Microsoft Remote Desktop termasuk kategori ke 2. Serupa dengan X-Windows yang sering digunakan dalam lingkungan Unix di mana sesi pada server tidak terlihat. Sebenarnya software remote control hanya dibutuhkan untuk memberikan bantuan kepada pengguna. Bagi Windows, fungsi-fungsi remote control perlu waktu lama sampai ditambahkan. Sekarang ini, produsen harus berjuang keras untuk menawarkan "real added value" dari program remote control. Namun, tampaknya kini terbatas pada koneksi terintegrasi dengan ISDN dan sejenisnya atau dukungan protokol jaringan yang tidak umum.

VNC memiliki kelebihan karena ia gratis, fleksibel, dan open source: Dalam beberapa detik VNC (www.realvnc.com) siap digunakan. Hal istimewa pada VNC adalah ketersediaan pada hampir semua platform. Bila Anda sudah lama ingin mengendalikan workstation Sun Anda dari sebuah Apple Mac, VNC adalah pilihan yang tepat. Tool terbaik: Ia freeware dan open source. Dengan demikian Anda dapatmencari kelemahan pada source code dan bila perlu menyesuaikannya secara individual.

Remote control bukan pengawasan jarak jauh. Sayang kebanyakan program remote control juga bisa dimanfaatkan untuk memata-matai rekan kerja. Melalui tool remote control, seseorang dapat melihat isi layar semua PC dalam jaringan. Soalnya, program seperti VNC dapat bekerja di latar belakang tanpa diketahui pengguna. Hati-hati melanggar hukum: Di AS, teknik semacam itu diizinkan untuk mengawasi karyawan, selama tidak ada diskriminasi. Di Jerman untungnya situasinya berbeda. Perjanjian perusahaan mengenai ini atau sebuah klausul dalam kontrak kerja tidak memberi hak pada atasan untuk melakukan pengawasan dengan software remote control atau spyware. Tindakan semacam ini akan sangat melanggar privasi dan hak perlindungan data.

Jadi, sebaiknya sampaikan dulu kepada karyawan bagian "support & maintenance" agar setiap koneksi remote control terlebih dulu harus mendapat persetujuan dari dan dapat dihentikan oleh pengguna. Pilihan tersebut tersedia dalam semua program yang dibahas CHIP, kecuali solusi internal Windows XP yang memang tidak memungkinkan pengintipan data, karena tampilan otomatis dialihkan ke layar login

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "MAC Mengendalikan Sun: VNC Berfungsi Pada Hampir Semua Platform" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode