Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

38 Tips Cerdas Memulai Bisnis Online

38 Tips Cerdas Memulai Bisnis Online
38 Tips Cerdas Memulai Bisnis Online - Sebelum pikiran anda mulai berkelana bersama ide-ide yang akan saya uraikan, anda harus ingat bahwa yang fokus dan target anda adalah membangun bisnis online yang bisa memberikan penghasilan tambahan walaupun hanya dikerjakan sambilan (jumlahnya terserah anda, tapi mulailah dengan 1 bisnis online yang menguntungkan terlebih dahulu). Karena ini adalah bisnis nyata, maka sama seperti bisnis-bisnis lainnya, keberhasilan anda sangat tergantung pada komponen penting berikut :
  • Komitmen waktu
  • Komitmen uang (walaupun investasinya tidak besar)
  • Komitmen konsentrasi (untuk belajar keahlian bisnis online)
Apakah anda siap membangun bisnis online? Jika anda sudah siap untuk memulainya oke mari kita mulai, berikut adalah langkah-langkahnya dengan 38 Tips Cerdas Memulai Bisnis Online:

Tips 1
Website showroom: Untuk bisnis website showroom ini, anda harus memiliki hosting yang handal. Salah satu webhosting terbaik dan murah adalah di www.myTopHosting.com. Ini adalah website yang menyediakan tempat bagi para sponsor untuk menyewa iklan di website tersebut. Biaya iklan bisa dibayar bulanan, atau tahunan. Besarnya biaya iklan ditentukan dari ramai tidaknya website tersebut dikunjungi orang. Jika anda meletakan kode google Adsense di website showroom ini, maka artinya anda juga mengijinkan para pengiklan di google Adwords untuk beriklan di website showroom anda.

Tips 2
Menyediakan backlink (link balik) ke website pemasang link. Dengan bertumbuhnya pebisnis online di Indonesia, maka akan makin banyak pemilik website yang ingin meningkatkan ranking mereka di search engine (situs pencari). Mereka akan bersedia membayar link yang anda berikan dari website anda ke website mereka asal “PageRank” dari website anda cukup tinggi (PR di atas 4)

Tips 3
Menyediakan website direktori dimana siapa yang  berminat bisa meletakan nama perusahaan mereka di direktori tersebut. Anda harus memilih pasar atau industri yang popular untuk masing masing direktori, sehingga ada peminatnya, karena percuma saja anda memiliki website direktori tapi tidak ada peminat. Langkah langkahnya:
  1. Buat website dengan menggunakan hosting yang handal
  2. Bagi website tersebut menjadi beberapa kategori, beberapa slot, yang posisinya strategis dan menarik, sehingga sponsor yang tertarik bisa memilih lokasi slot iklan atau direktori, atau backlink yang mereka inginkan
  3. Membawa traffic ke website showroom sehingga ramai dikunjungi (biasanya menggunakan metode SEO (Search Engine Optimization)
  4. Buat website dengan konten yang selalu diupdate dan memiliki potensi pasar bagi internet marketer/ pebisnis online, sehingga page rank dari website anda tinggi
  5. Jual backlink pada pengunjung yang ingin mendapatkan backlink ke website mereka. Agar nilai jual tinggi, maka ranking SEO dari website anda harus bisa masuk dihalaman pertama.
Tips 4
Sama seperti bisnis offline, lokasi adalah sangat menentukan harga tanah. Dalam bisnis online, lokasi itu adalah nama domain. Jika anda sudah mengamankan lokasi lokasi bagus, artinya nama domain yang bagus, maka anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi. Contoh contoh domain yang harganya sudah mahal sekarang ini adalah di www.PremiumDomain.com. Langkah langkahnya:
  1. Belilah domain yang menurut anda berpotensi untuk dicari orang di website penjual domain seperti www.idWebhost.com
  2. Cantumkan website milik anda di tempat tempat penjual domain, atau di website anda sendiri, agar jika ada yang mau, mereka bisa menghubungi anda
Tips 5
Dengan bertumbuhnya bisnis online, maka kebutuhan besarnya hosting, atau luas tanah untuk website juga makin besar. Jadi jika anda masuk ke bisnis webhosting, maka anda bisa mengeruk keuntungan sebagai penyewa webhosting.  Ini bisa menjadi peluang pasif income yang menarik, karena penyewa webhosting biasanya akan selalu memperpanjang sewa tiap tahunnya. Langkah langkahnya:
  1. Beli reseller account di penyedia webhosting seperti www.myTopHosting.com (cukup handal, dan banyak digunakan oleh internet marketer)
  2. Bagi menjadi paket paket yang lebih kecil dengan harga dan fitur menarik, lalu anda buat websitenya untuk menjual paket paket tersebut
  3. Pasarkan paket tersebut ke para peminat di Indonesia
Tips 6
Dengan bertumbuhnya bisnis online, maka kebutuhan website juga pasti meningkat, dan biasanya website yang dibutuhkan adalah hanya untuk display dan showroom. Jika anda memiliki software editor html, maka anda bisa menerima jasa membuat website sederhana yang tidak membutuhkan keahlian programming. Langkah langkahnya:
  1. Download software NVU gratis
  2. Download software Filezila gratis
  3. Buat beberapa website contoh dari template template yang menarik
  4. Pasarkan paket paket pembuatan website  pada para pemilik usaha kecil dengan harga Rp.1juta – Rp.2juta
Tips 7
Biasanya website untuk pebisnis online adalah menggunakan WordPress atau CMS lainnya seperti Joomla, etc. Jika anda memiliki keahlian ini, maka anda bisa menjual jasa install website WordPress atau Joomla bagi mereka yang membutuhkan. Langkah langkahnya:
  1. Buat beberapa website contoh dari WordPress dan Joomla yang anda sudah install
  2. Pasarkan paket paket install website WordPress dan Joomla tersebut dengan harga Rp.500rb- Rp.2juta
Tips 8
Jika anda memiliki keahlian untuk install script, maka anda bisa menjual jasa install script bagi mereka yang membutuhkan. Langkah langkahnya:
  1. Berikan script secara Gratis, atau jual script yang dibutuhkan oleh pebisnis online dengan bonus jasa install
  2. Pasarkan script tersebut
  3. Jual jasa install dengan harga Rp.200rb-Rp.500rb
Tips 9
Internet adalah pasar global, dan anda bisa masuk kepasar mana saja dengan mudah. Yang membatas pasar satu dengan yang lain adalah bahasa. Jika anda menguasai dua bahasa, maka anda bisa menawarkan jasa menerjemahkan. Misalnya jika anda menguasai bahasa inggris, anda bisa menerima pekerjaan untuk menterjemah dari Indonesia ke inggris, atau dari inggris ke Indonesia, baik secara lisan ataupun tulisan. Jika anda menguasai bahasa mandarin dan inggris, anda bisa menerima pekerjaan untuk menterjemah dari mandarin ke inggris, mandarin ke Indonesia, inggris ke mandarin, inggris ke Indonesia.

Tips 10
Jika grammer (tata bahasa) anda bagus, maka anda bisa menerima jasa untuk memeriksa tulisan atau karangan orang lain, sehingga karangan tersebut mengikuti tata bahasa yang baku.

Tips 11
Jika anda menguasai suatu topik, dan memiliki keahlian menulis artikel, maka anda bisa menjual jasa penulisan artikel.

Tips 12
Jika anda punya banyak waktu dan tahu cara mengirimkan artikel ke direktori artikel, maka anda bisa menerima pekerjaan untuk mengirimkan artikel ke sejumlah direktori artikel

Tips 13
Jika anda punya banyak waktu dan tahu cara menggunakan social bookmark, maka anda bisa menerima pekerjaan untuk membantu membookmark website ke berbagai social bookmark

Tips 14
Jika anda punya banyak waktu dan tahu cara mengirimkan video ke berbagai direktori video, maka anda bisa menerima pekerjaan untuk menerima jasa upload dan submit ke video directory

Tips 15
Jika anda punya keahlian mengedit video, atau membuat effect di video, maka anda bisa menerima pekerjaan untuk membantu membookmark website ke berbagai social bookmark

Tips 16
Jika anda punya keahlian design grafis, maka anda bisa menerima pekerjaan untuk membuat design grafis dari header, footer, background, ebook, audio, dvd, dan lain lain

Tips 17
Jika anda punya keahlian design gambar kartun, atau komik,  maka anda bisa menerima pekerjaan untuk membuat design kartun dan komik

Tips 18
Jika anda punya keahlian SEO,  maka anda bisa menerima pekerjaan untuk meningkatkan ranking dari website yang ada

Tips 19
Jika anda punya keahlian PPC,  maka anda bisa menerima jasa konsultasi untuk membawa traffic berbayar ke website pelanggan.  Atau anda bisa merancang suatu system pemasaran bagi perusahaan tersebut. Atau anda bisa juga melakukan survey untuk market segmen yang dibutuhkan dengan menggunakan PPC.

Tips 20
Jika anda punya keahlian menulis sales copy (copywriting), maka anda bisa menerima jasa pembuatan surat penawaran (sales copy)

Tips 21
Jika anda punya keahlian mengetik, maka anda bisa menerima jasa mengetik dari video atau audio untuk dibuat transkripnya. Langkah langkahnya:
  1. Cantumkan jasa anda di iklan baris atau direktori atau www.elance.com
  2. Melakukan posting jasa-jasa anda diblog, sehingga ketika ada yang membutuhkan, mereka bisa menghubungi anda.
  3. Memiliki sales copy yang menawarkan jasa anda
  4. Setiap kali menyelesaikan pekerjaan terjemahan tersebut, mintalah testimoni, sehingga anda dapat membangun nilai anda dengan berjalannya waktu
Tips 22
Mempertemukan pembeli dan penjual dengan menyediakan pasarnya. Sehingga penjual bisa menitipkan produk di pasar tersebut, dan pembeli suka mampir ke pasar tersebut karena banyak produknya. Langkah langkahnya:
  1. Membuat website affiliate network
  2. Memasarkan website tersebut pada para pemilik produk
  3. Memperkenalkan website tersebut pada semua pembeli
Tips 23
Memasarkan produk produk yang membuka kesempatan bagi kita untuk menjadi affiliatenya. Perusahan perusahaan seperti Amazon.com, Linkshare.com, CJ.com, Clickbank.com sudah menyediakan kesempatan bagi siapa saja yang tertarik untuk menjadi affiliate. Untuk setiap produk yang terjual, anda akan mendapatkan komisi. Semua pengiriman barang, stok barang, dan after sales servis dilakukan oleh pemilik produk. Tugas anda hanyalah menggunakan keahlian marketing untuk memasarkan produk produk yang ada. Langkah langkahnya:
  1. Membuat website atau blog
  2. Mendaftar sebagai affiliate
  3. Mereview dan merekomendasikan produk tersebut
Tips 24
Jika anda punya keahlian marketing online, dan anda melihat ada peluang dimana pemilik produk belum mengerti bisnis online, maka anda bisa kerjasama dengan menjadi makelar online dari bisnis offline. Langkah langkahnya:
  1. Buat kesepakatan dengan pemilik bisnis offline tersebut. Cari kesepakatan yang win win, sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar
  2. Pasarkan bisnis offline tersebut melalui online dengan menggunakan keahlian internet marketing
  3. Cari lagi peluang-peluang lain dengan cara yang sama
Tips 25
Jika anda mengenal banyak internet marketer, maka anda bisa menjadi makelar dari pemilik produk dengan para internet marketer. Artinya anda membantu pemilik produk langsung mendapatkan calon calon pemasar yang handal. Tentu anda sebagai makelarnya mendapatkan komisi dari pemilik produk. Langkah langkahnya:
  1. Buat kesepakatan dengan pemilik produk tersebut. Cari kesepakatan yang win win, sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar
  2. Hubungi para internet marketer yang anda kenal untuk bekerja sama membantu anda untuk memasarkan produk bersama sama, sehingga pemilik produk langsung mendapatkan hasil yang besar
Tips 26
Sama seperti bisnis offline, anda juga bisa membeli produk yang dilengkapi dengan lisensi Hak Jual (Resale Rights). Dengan produk yang dilengkapi dengan lisensi, biasanya sudah dilengkapi dengan sales copy, sehingga anda tidak perlu bersusah payah mencari copywriter untuk menuliskan sales copy (surat penawarannya). 100 Dari hasil penjualan adalah milik anda sepenuhnya. Tentu anda harus hati hati dan jeli dalam memilih produk dengan hak jual. Pilihlah produk yang laku dijual, karena banyak sekali produk tidak bermutu yang disertai hak jual.

Tips 27
Selain tersedia banyak produk dengan hak jual, maka ada pula produk yang disertai dengan Master Hak Jual (Master Resale Rights). Jika anda membeli produk dengan Master Hak Jual, artinya anda selain boleh menjual produk tersebut dengan 100% keuntungan, anda juga boleh menjual Hak Jual produk tersebut pada siapapun. 100% keuntungan juga adalah milik anda. Sama seperti bisnis offline, anda juga bisa membeli produk yang dilengkapi dengan lisensi Hak Jual Langkah langkahnya:
  1. Cari produk yang berkualitas, lalu beli hak jualnya, jika anda yakin bahwa lebih menguntungkan dibandingkan dengan hanya menjadi affiliate
  2. Pasarkan produk tersebut di hosting milik anda sendiri, sehingga 100% keuntungan masuk ke kantong anda.
Tips 28
Dalam dunia bisnis online, dikenal juga satu istilah Private Label Right (PLR), artinya anda mendapatkan 100% hak milik dari produk tersebut. Jadi jika anda membeli produk yang dilengkapi dengan PLR, maka anda boleh mencantumkan nama anda sebagai pemilik dan pembuat produk tersebut. Inilah salah satu cara agar  anda tidak usah repot repot membuat produk dari nol. Langkah langkahnya:
  1. Cari produk yang berkualitas dengan hak milik
  2. Ganti namanya, sehingga semuanya menunjukan bahwa andalah pemiliknya
  3. Buat surat penawaran yang bagus & menjual (outsource ke orang lain, jika anda tidak bisa, karena ini salah satu kunci terpenting untuk keberhasilan anda di bisnis online)
  4. Pasarkan produk tersebut di hosting milik anda sendiri, sehingga 100% keuntungan masuk ke kantong anda.
  5. Anda bisa juga membuat paket Hak Jual dan paket Master Hak Jual, sehingga keuntungan anda lebih berlipat ganda lagi
Tips 29
Jika anda punya ide, tapi tidak bisa membuat produknya, maka jangan kuatir. Dalam dunia bisnis online, ada solusinya. Silahkan kunjungi www.Elance.com. Disinilah tempat berkumpul orang orang yang siap membantu segala jenis pekerjaan yang anda butuhkan. Anda bisa menyuruh mereka membuat buku, membuat software, membuat video, membuat audio, dan lain lain. Tentu anda juga harus pilih pilih, siapa yang sesuai dengan criteria dan standard anda. Langkah langkahnya:
  1. Tentukan ide
  2. Cari orang yang mau mengerjakannya sesuai dengan budget anda
  3. Jual dan pasarkan produk tersebut setelah selesai
Tips 30
Jika anda suka menulis, maka curahkanlah tulisan anda dalam bentuk ebook, atau majalah. Elektronik dalam berbagai topik. Setelah selesai, anda bisa menjualnya secara online.

Tips 31
Jika anda bisa programming, maka buatlah modul modul program yang dibutuhkan oleh internet marketer. Setelah selesai, anda bisa menjualnya secara online.

Tips 32
Jika anda lebih pandai menggunakan kata kata untuk menjelaskan sesuatu, maka anda bisa merekam paket paket audio yang isinya berupa pelajaran, atau motivasi, atau informasi. Setelah selesai, anda bisa menjualnya secara online.

Tips 33
Jika anda suka berjalan jalan, maka anda bisa menggunakan video untuk mengambil video dari tempat tempat yang indah. Anda juga bisa menggunakan kamera sekaligus bersamaan. Setelah selesai, anda bisa menjualnya dalam bentuk paket video dan photo dari tempat tempat pariwisata secara online.

Tips 34
Jika anda punya keahlian memasak, atau menyulam, atau piano, atau catur, atau menari, atau keahlian apapun, maka anda bisa membuatnya menjadi produk dalam bentuk ebook, audio, atau video dari keahlian tersebut.

Tips 35
Jika anda ahli membuat website template, maka buatlah beberapa template yang bagus lalu dijual dalam bentuk paket secara online.

Tips 36
Jika anda ahli membuat gambar menarik, dan grafis menarik, maka buatlah dalam bentuk paket sesuai dengan topic dan tema, kemudian dijual secara online.

Tips 37
Jika anda mau menjadi pengumpul informasi yang selalu terbaru dari suatu bidang industri tertentu. Dimana informasi di industri tersebut sangat dibutuhkan orang, maka anda bisa membuat ebooknya, lalu menjualnya secara online. Misalnya, anda selalu mengikuti pameran apapun yang diselenggarakan di Jakarta. Setiap kali selesai pameran, anda bisa menjual ringkasan dari pameran tersebut. Misalnya apa yang menarik, apa yang paling laku, apa yang terbaru, apa yang unik, siapa saja yang ikut pameran, dan lain lain. Bisa juga anda sudah mengumpulkan semua brosurnya, dan anda scan. Jika memang informasi yang anda sajikan menarik dan berkualitas, anda pasti bisa menjualnya, dan bahkan makin lama akan makin banyak orang akan berlangganan informasi tersebut dari anda.
Contoh 1:
Bayangkan, berapa banyak orang luar negeri yang mau dapat informasi dari para peserta pameran produksi Indonesia. Jika anda mengumpulkan informasi tersebut, lengkap dengan email, website, nomor telpon, maka informasi tersebut pasti ada yang mau beli.
Contoh 2:
Misalnya ada pameran besar tentang franchise di Jakarta. Berapa banyak pengusaha di daerah yang ingin bisa hadir, tapi berhalangan karena masalah waktu, biaya, atau alasan lainnya. Jika anda mengumpulkan informasi tersebut dan menyusun secara lengkap dengan email, website, nomor telpon, maka informasi tersebut pasti ada yang mau beli. Langkah langkahnya:
  1. Buat dalam bentuk paket kecil dan menarik
  2. Buat surat penawaran yang bagus & menjual (outsource ke orang lain, jika anda tidak bisa, karena ini salah satu kunci terpenting untuk keberhasilan anda di bisnis online)
  3. Pasarkan produk tersebut di hosting milik anda sendiri, sehingga 100% keuntungan masuk ke kantong anda.
Tips 38
Internet marketing di Indonesia akan bertumbuh terus baik anda siap ataupun tidak siap. Pemasaran melalui internet tidak hanya terbatas pada produk digital, tapi juga bisa untuk produk fisik. Maka akan makin banyak diperlukan suatu jasa pengiriman barang secara local yang cepat dan bisa menerima pembayaran cash on delivery. Akan banyak Internet marketer yang tidak ingin menggaji kurir untuk bisa melakukan pengiriman dan penagihan uang. Oleh karena itu, jika anda memang punya kelebihan dibidang ini, maka anda bisa menjadi pusat outsource pengiriman barang bagi para internet marketer di suatu lokasi (misalnya khusus Jakarta, atau khusus Surabaya, atau lainnya). Hal ini tidak bisa dilakukan oleh kurir biasa,  karena jasa kurir yang anda tawarkan harus bisa menerima uang ditempat. Jadi syarat untuk berhasil di bisnis ini adalah kepercayaan pada anda bahwa uang yang ditagih tersebut aman.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "38 Tips Cerdas Memulai Bisnis Online" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode