Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Klasifikasi Alamat IP untuk Jaringan

Klasifikasi Alamat IP untuk Jaringan
Klasifikasi Alamat IP untuk Jaringan - Setiap  komputer  dalam  jaringan  membutuhkan  sebuah alamat IP  yang  hanya  digunakan  sekali  dalam  LAN.  Karena Internet juga  bekerja  dengan protokol TCP/IP dan tergantung dengan  pengaturan  alamat IP, terdapat jutaan  PC  yang memiliki  alamat yang  sama. Oleh  sebab  itu,  alamat yang tersedia  akan  habis  bila  tidak menggunakan  aturan  kecil berikut :

Klasifikasi Private Address:
Ada beberapa  klasifikasi  alamat yang secara global dapat digunakan  secara  berulang.  Untuk jaringan lokal Anda, alamat IP berikut hanya digunakan untuk satu PC saja. Jangkauan alamat untuk  jaringan  lokal  disebut sebagai Private Address Range, yaitu:
10.0.0.0 sampai 10.255.255.255
172.16.0.0  sampai  172.31.255.255
192.168.0.0 sampai 192.168.255.255
Untuk  jaringan  kecil  disa-rankan  menggunakan  klasifikasi  alamat ketiga.  Misalnya, PC  pertama  mendapat alamat 192.168.0.1,  berikutnya 192.168.0.2 dan begitu seterusnya.  Angka  0  dan  255  pada akhir  alamat sebaiknya  tidak digunakan  karena  mempunyai fungsi khusus.

Subnet dan  Network  Class:
Setelah menentukan alamat IP, setiap komputer pada jaringan juga  harus  mendapat alamat Subnet Mask.  Subnet Mask ditentukan  dari  alamat IP  dan menunjukkan kelompok angka mana dari alamat IP yang digunakan  sebagai  variabel  identifikasi  PC  client.  Variabel  ini ditandai dengan "0" pada Subnet Mask.  Seberapa  banyak alamat IP yang tersedia sebagai variabel, tergantung dari kelasnya. Ada beberapa kelas jaringan untuk  jaringan  TCP/IP  lokal dengan expandability (kemampuan  untuk  diperluas)  alamat IP yang berbeda-beda.

Jaringan  Kelas  A:
Anda  menggunakan kelompok angka pertama  dari  alamat IP  sebagai identifikasi  jaringan.  Tiga  kelompok angka lainnya digunakan  sebagai  identifikasi  PC client atau workstation. Untuk workstation,  tersedia  sekitar 16.7 juta alamat IP yang kosong dan  ini  menunjukkan  jumlah PC  yang  dapat terhubung dalam  sebuah  LAN.  Subnet Mask  untuk  jaringan  kelas  A adalah  255.0.0.0.  Kelompok angka  ke-2,  ke-3  dan  ke-4 merupakan variabel. Kelompok angka pertama sebagai identifikasi  jaringan  hanya  terletak antara 1 dan 126.

Jaringan  Kelas  B:
Dalam jaringan  kelas  ini,  yang  perlu diperhatikan  hanyalah  2  kelompok  angka  terakhir  dari alamat IP  sebagai  identifikasi PC  client.  Jadi,  pada  jaringan kelas  B  ini,  jumlahnya  mencapai 65.536 node/client. Kelompok  angka  jaringan,  yaitu  2 kelompok  angka  terdepan harus  terletak  antara  128  dan 191.  Subnet Mask  untuk jaringan ini adalah 255.255.0.0.

Jaringan  Kelas  C:
Umumnya, sebuah  LAN  tidak  boleh  lebih dari  256  node.  Jumlah  ini merupakan jaringan kelas C. Di sini,  hanya  angka  ke-4  dari alamat IP yang dijadikan sebagai  identifikasi  client.  Kelompok  angka  pertama  harus terletak  antara  192  dan  223. Sementara, angka ke-2 dan ke-3  dapat digunakan  untuk identifikasi  subnetwork  lain yang masing-masing maksimal sampai  256  komputer.  Subnet Mask  untuk  jaringan  kelas  C adalah 255.255.255.0.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Klasifikasi Alamat IP untuk Jaringan" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode