Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Solusi Backup-Restore Aktivasi Windows 7, Vista, Server 2008 dan Office 2010/2013



Solusi Backup-Restore Aktivasi Windows 7, Vista, Server 2008 dan Office 2010/2013
Masalah kerusakan yang terjadi pada komputer kapan saja bisa terjadi, entah itu komputer lama maupun komputer baru. Hal ini yang perlu kita waspadai, baik itu rusak ringan maupun rusak berat. Sistem operasi pada komputer walaupun menggunakan yang original sekalipun tidak dapat bekerja secara maksimal untuk selamanya. Misal saja kita dihadapi dengan masalah windows yang tiba-tiba tidak bekerja dengan sempurna, menjadi lambat atau terinfeksi virus berat, dan jalan satu-satunya adalah install ulang komputernya. Install ulang komputer atau laptop dan menginstall kembali sistem operasi windows hampir bisa dikatakan sangat mudah, CD/DVD (bajakan) Windows 7 tersedia banyak dipasaran atau bisa juga kita membuat sendiri. Akan tetapi dengan adanya masalah tersebut, kita masih mempunyai cara untuk mempermudah mengatasi hal tersebut. Sebagai antisipasi dan langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan cara backup. Berikut pembahasan mengenai cara membackup data registrasi windows 7, vista, windows 2008 server dan ms office 2010-2013. Cara ini berguna untuk membackup dan kemudian merestore kembali file aktivasi windows sebelum kita install ulang komputer dan masih menggunakan sistem operasi yang original.

Advanced Tokens Manager adalah software portable yang dapat membantu untuk menyimpan informasi aktivasi windows 8, windows 7, vista, windows 2008 server dan office 2010/2013. Software Advanced Tokens Manager akan membuat sebuah file yang bernama tokens.dat, file ini berisi informasi registrasi yang dapat di gunakan kembali untuk mengaktifkan windows dan juga office 2010. Namun, yang perlu anda ketahui adalah hasil dari file backup-nya tidak dapat anda gunakan kembali untuk komputer/hardware lain maupun untuk type versi windows yang berbeda. Misalkan saja yang anda backup adalah aktivasi windows 7 home premium, maka anda hanya dapat merestore kembali pada windows 7 home premium saja dan tidak bisa untuk windows 7 starter ataupun ultimate, dll. Akan tetapi masih dapat bekerja jika anda ingin beralih dari versi windows 32bit ke 64bit atau sebaliknya.
Advanced Tokens Manager sangat user friendly, Cukup klik “Backup Activation” untuk membackup file tokens.dat pada windows yang akan di hapus atau format, kemudian sebuah folder yang bernama “Windows Activation Backup” akan dibuat dan file tokens.dat dan file .ini, dengan beberapa bit informasi seperti kunci produk, versi Windows, file token CRC dll. Simpan dan amankan file backup-an ini. dan kemudian format dan install ulang windows anda.
Pada saat proses installasi ulang windowsnya, apabila diminta untuk memasukkan product key, jangan memilih untuk memasukkan product key atau mengaktifkan selama instal ulang. Setelah berada di desktop, jalankan kembali file backup-an yang telah kita buat, tombol “Restore activation” akan otomatis muncul.
Klik “Restore Activation” untuk memulai proses mengembalikan tokens.dat dan memasukkan product key, setelah beberapa menit jendela “Success” akan muncul. Coba periksa apakah windowsnya sudah diaktivasi, dengan cara klik kanan “My computer” dan pilih “Properties”, jika belum aktif coba restart windowsnya.
Memang sudah tidak diragukan sebuah software portable yang sangat mudah digunakan dan efektif yang membantu kita untuk mengaktivasi kembali windows tanpa harus memasukkan CD-Key asli ataupun harus menelpon microsoft. Kompatibel dengan Windows 8, Vista, 7, Server 2008/2011 dan Office 2010/2013. Oke langsung saja, Download lalu ekstrak file zipnya dan klik kanan file-nya kemudiah pilih “Run as Administrator”.

Membutuhkan NET Framework 3.5.

Berlangganan artikel via email

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Solusi Backup-Restore Aktivasi Windows 7, Vista, Server 2008 dan Office 2010/2013" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode