Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

15 Tips Meningkatkan Trafik Blog

15 Tips Meningkatkan Trafik Blog
15 Tips Meningkatkan Trafik Blog - Untuk meningkatkan trafik blog sebenarnya sudah seringkali saya bahas dan dengan menu versi yang berbeda. Ini merupakan kelanjutan artikel dari yang sebelumnya sudah saya bahas.
Blogosphere adalah dunia yang besar dan sibuk dengan lebih dari 100 juta blog dan terus berkembang. Mendatangkan trafik ke blog, tidaklah selalu sama nilainya. Walaupun sama-sama kegiatan mendatangkan trafik, mempromosikan, namun hasilnya bisa sama sekali berbeda. Terutama dalam jangka menengah panjang. Lantas bagaimana untuk menarik pengunjung ke blog? Ikuti tips sederhana untuk mengarahkan lalu lintas ke blog dan berikut adalah 15 Tips Meningkatkan Trafik Blog:

1. Update Konten
Sering memperbarui blog dengan konten yang bermanfaat adalah langkah pertama untuk membangun audiens blog. Konten yang anda tulis adalah apa yang akan membuat pengunjung datang kembali untuk membaca konten terbaru dari blog anda. Pastikan anda memiliki sesuatu yang berarti untuk mengatakan kepada mereka dan lebih sering untuk menjaga kepentingan mereka agar mereka setia menjadi visitor tetap blog anda. Selain itu, sering-seringlah memperbarui posting untuk meningkatkan jumlah kesempatan yang anda miliki untuk konten blog anda agar lebih diperhatikan oleh search engine seperti Google atau yang lainnya.

2. Daftarkan Blog ke Search Engine
Submit blog ke search engine populer seperti Google dan Yahoo dengan mengirimkan URL blog anda. Kebanyakan search engine menyediakan 'Submit' link (atau yang serupa) untuk memberitahukan blog agar lebih dikenal oleh search engine, sehingga search engine akan merangkak dan menyertakan halaman anda dalam hasil pencariannya. Sangat penting untuk memahami bahwa hanya mengirimkan blog ke mesin pencari tidak berarti halaman anda akan muncul di halaman utama pada hasil pencarian Google, tapi setidaknya blog anda akan dicantumkan dan akan memiliki kesempatan yang ditangkap oleh search engine.

3. Update Blogroll
Dengan menambahkan link seperti pada blogroll, pemilik blog tersebut akan menemukan blog anda dan akan cenderung untuk menambahkan link timbal balik dalam Blogroll mereka. Ini cara mudah untuk mendapatkan link ke blog anda di depan banyak pembaca pada blog lain. Harapannya adalah bahwa beberapa dari para pembaca akan mengklik pada link ke blog anda di blogroll blog lain dan menemukan konten anda yang menarik dan menyenangkan serta mengubahnya menjadi pengunjung setia.

4. Memanfaatkan Kekuatan Komentar
Mengomentari adalah langkah sederhana dan penting untuk meningkatkan traffic blog. Pertama, menanggapi komentar pada blog anda untuk menunjukkan bahwa anda menghargai pendapat mereka dan menarik mereka ke dalam percakapan dua arah. Hal ini akan lebih meningkatkan loyalitas pengunjung. Kedua, meninggalkan komentar di blog lain untuk mengarahkan lalu lintas baru. Pastikan saat anda berkomentar pada blog lain untuk tidak lupa menyertakan URL blog anda di komentar yang anda tulis, untuk membangun baclink. Banyak orang akan membaca komentar pada posting blog. Jika mereka membaca komentar yang sangat menarik, maka mereka sangat mungkin untuk mengklik pada link untuk mengunjungi blog komentator tersebut. Sangat penting untuk memastikan anda meninggalkan komentar yang berarti, yang mungkin untuk mengundang orang untuk mengklik link anda untuk membaca lebih lanjut.

5. Syndicate Konten Blog dengan RSS Feed
Menyiapkan tombol RSS feed di blog anda membuatnya mudah bagi pembaca setia untuk tidak hanya membaca blog anda tetapi juga tahu ketika anda mempublikasikan konten baru.

6. Gunakan Link dan Trackbacks
Link adalah salah satu bagian yang paling kuat dari blog. Link tidak hanya diperhatikan oleh search engine, tetapi mereka juga bertindak sebagai ketukan di bahu untuk blogger lain yang dengan mudah dapat mengidentifikasi siapa yang menghubungkan ke situs mereka. Hal ini untuk membantu anda mendapatkan perhatian oleh blogger lain yang mungkin untuk menyelidiki situs yang terhubung ke blog mereka. Hal ini dapat menyebabkan mereka untuk menjadi pengunjung baru blog anda atau untuk menambahkan link ke blog anda pada situs mereka. Anda dapat mengambil link ke blog lain selangkah lebih maju dengan meninggalkan trackback di blog lain untuk membiarkan mereka tahu anda telah terhubung ke mereka. Blog yang memungkinkan Pelacakan akan menyertakan link kembali ke blog anda di bagian komentar dari posting yang awalnya terkait.

7. Tag Tulisan
Dibutuhkan beberapa detik ekstra untuk menambahkan tag untuk setiap posting blog anda, tapi itu “worth the time” dalam hal lalu lintas tambahan tag dapat berkendara ke blog anda. Tag (seperti link) mudah terlihat oleh mesin pencari. Hal tersebut juga kunci untuk membantu pembaca menemukan blog anda ketika mereka melakukan pencarian di search engine situs populer seperti Technorati.

8. Share ke Situs Social Bookmarking
Mengambil waktu untuk mengirimkan posting terbaik anda untuk situs bookmark sosial seperti Digg, StumbleUpon, Reddit, dll, lebih dapat menjadi cara sederhana untuk cepat meningkatkan lalu lintas ke blog anda.

9. Ingat Search Engine Optimization
Ketika anda menulis posting, ingat untuk mengoptimalkan halaman agar search engine dapat lebih mudah untuk menemukan. Sertakan kata kunci yang relevan dan link tetapi tidak membebani posting dengan kata kunci yang relevan terlalu banyak atau kata kunci yang sama sekali tidak relevan. Melakukan hal itu lebih cenderung dapat dianggap spamming dan bisa memiliki hasil negatif dan lebih buruknya lagi jika di banned oleh google.

10. Jangan Lupakan Gambar
Gambar tidak hanya membuat tampilan blog lebih bervariasi, namun juga membantu orang menemukan blog anda dalam daftar search engine. Orang juga sering menggunakan pencarian gambar pilihan yang ditawarkan oleh Google, Yahoo dan search engine lainnya, dengan Alt-tag gambar pada postingan blog anda sehingga dapat dengan mudah meningkatkan lalu lintas.

11. Tinggalkan Jejak di Buku Tamu
Ketika berkunjung di blog lain jangan lupa untuk mengisi buku tamu atau guest book sama seperti blogger lain ketika meninggalkan jejak pada buku tamu di blog anda. Kedua metode tersebut cenderung untuk meningkatkan lalu lintas blog karena akan lebih di sorot oleh blogger lain. Banyak blogger lain akan mengunjungi blog anda untuk melihat apa yang anda katakan.

12. Join Forum, Web Rings atau Grup online
Cari forum online, Web Rings, komunitas atau situs jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn di mana anda dapat berbagi ide dan mengajukan pertanyaan individu. Menambahkan link ke blog anda di baris tanda tangan atau profil, sehingga setiap kali anda posting di forum atau berpartisipasi dalam jaringan lain secara online, anda secara tidak langsung mempromosikan blog anda. Kemungkinan banyak orang akan klik pada link untuk mempelajari lebih lanjut tentang yang anda katakan.

13. Promosikan Blog di luar area
Mempromosikan blog tidak harus berhenti ketika anda melangkah di luar blogosphere. Tambahkan URL blog anda ke email signature dan kartu bisnis. Bicara tentang hal itu dalam percakapan offline. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan nama dan URL blog anda untuk meningkatkan reputasi secara offline.

14. Nominasikan Awards Blog
Ada sejumlah penghargaan blog diberikan sepanjang tahun. Berikan nominasi kepada blog lain sehingga bisa menarik perhatian dan mengarahkan lalu lintas ke blog anda.

15. Jangan Be Shy
Bagian yang paling penting dari blogosphere adalah masyarakat dan banyak dari keberhasilan anda sebagai blogger akan dikaitkan dengan kesediaan anda untuk jaringan dengan komunitas itu. Jangan takut untuk bertanya, bergabung dengan percakapan atau hanya "hi say" dan memperkenalkan diri. Jangan duduk kembali dan berharap dunia online akan menemukan blog anda. Biarkan blogosphere tahu bahwa anda telah tiba dan memiliki sesuatu untuk dikatakan!

Tapi jangan salahkan saya jika pada saat anda mempraktekkan semua trik di atas untuk meningkatkan trafik blog sangat membutuhkan ketekunan dan kesabaran serta ekstra waktu kerja keras yang luar biasa. Karena pada dasarnya untuk mencapai kesuksesan tidak semudah dan dalam sekejap waktu seperti dalam pikiran yang anda bayangkan.

Berlangganan artikel via email

8 Response to "15 Tips Meningkatkan Trafik Blog"

Sedikit mengambil 'jalan tikus', sobat juga bisa gunakan proxy ataupun IP yang berbeda supaya kemudian traffic blog dari segi statistik/jumlah pengunjung bertambah. Kalau kata pepatah 'sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit'. Karena pada dasarnya kalau kita ganti proxy ataupun IP secara manual (lebih mudah dilakukan kalau kita pakai modem), lalu kita kunjungi blog kita, blogger menganggap itu sebagai traffic juga, silahkan dibuktikan sendiri!

Dan jangan malu/takut disebut sebagai pe-manipulasi traffic. Karena walau dengan cara seperti itu, tetep memerlukan usaha extra kok. Dan Toh di mata search engine manapun itu dianggap normal! :)

Ini hanya sebagai alternatif saja ya..hehehe :)

Balas

ok mas,,,
terima kasih sudah berbagi,..
saya emang lagi demen bgt ni,,baca baca tips seputar trafic ataupun SEO...

Balas

saran tips yang di ucapkan sobat daniel mungkin bisa dicoba dan di buktikan, soalnya saya sendiri juga gak tau dan belom pernah pake jalan tikus.. jadi mungkin bisa di coba untuk lain waktu dan mungkin juga jika ada sobat blogger lain yang mau mencobanya,, silahkan dibuktikan tips dari mas daniel ini .. :)

Balas

silahkan mas San Sinichi kalo mau nyimak :D

Balas

tankyu kunjungannya mas :D

Balas

wah, artikel yang menarik..

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "15 Tips Meningkatkan Trafik Blog" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode