Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

7 Tips Persiapan Memulai Kontes Blog

7 Tips Persiapan Memulai Kontes Blog

7 Tips Persiapan Memulai Kontes Blog – untuk mempercepat perkembangan blog supaya lebih populer dan mudah dikenal luas dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan tidak terlalu memerlukan banyak energi untuk optimasi perharinya. Kontes blog merupakan salah satu ide yang cukup banyak digunakan oleh sebagian dari para blogger untuk pertumbuhan blog mereka. Setelah banyak saya perhatikan dari beberapa blog yang sudah pernah menggunakan teknik ini memang perkembangannya sangat cepat dan trafik blog juga semakin pesat.
Hadiah yang menggiurkan dapat menarik perhatian mata visitor dan memungkinkan untuk mengikuti kontes. Untuk menentukan hadiah yang akan diberikan mungkin akan lebih mudah jika anda terlebih dahulu membaca 10 Ide Sederhana Untuk Kontes Blog. Namun untuk memulainya juga banyak hal yang harus dipertimbangkan. Diantaranya ada beberapa hal yang peru diperhatikan, berikut adalah 7 Tips Persiapan Memulai Kontes Blog untuk gambaran sebelum anda menerapkan.

1. Pilih Hadiah
Memilih hadiah mungkin tampak cukup sederhana. Akan tetapi dalam memilih hadiah yang akan membantu untuk membuat kontes blog blog anda sukses, segala kemungkinan anda harus mengambil beberapa waktu untuk berpikir dalam memastikan memilih salah satu hadiah yang tepat untuk anda berikan kepada pemenang. Dalam hal ini juga perlu mempertimbangkan investasi moneter dalam pembelian hadiah dan pengiriman ke pemenang. Agar lebih baik, sertakan pula hadiah yang terkait dengan topik blog anda karena hadiah ini juga akan membawa nilai tambah bagi visitor. Atau bisa juga jika anda mungkin dapat menemukan sponsor untuk kontes blog yang akan menyumbangkan hadiah. Dengan kata lain, suatu perusahaan akan menyumbangkan hadiah untuk menghasilkan publisitas. Anda dapat mempublikasikan permintaan anda di situs ProfNet.

2. Tentukan Tanggal Awal dan Akhir
Setelah menemukan hadiah yang tepat untuk diberikan kepada pemenang, pastikan anda memutuskan tanggal dan waktu tertentu akan memulai dan mengakhiri kontes blog untuk menetapkan harapan peserta. Tahap ini juga penting untuk perkembangan blog anda, tujuannya adalah untuk mengatur berapa lama waktu yang diperlukan untuk kontes dan agar anda tidak menunggu terlalu lama untuk menyerahkan hadiah kepada pemenang.

3. Tentukan Aturan
Pastikan anda menyertakan aturan dalam posting pengumuman kontes blog. Misalnya, sertakan batas waktu pendaftaran, arah untuk masuk ke pendaftaran, backlink dengan anchor teks ke blog anda, batas pengiriman hadiah, bagaimana pemenang akan dipilih, dan hal lain yang bisa memikirkan untuk melindungi diri sendiri.

4. Tentukan Wilayah Geografis
Sangatlah penting bahwa menentukan bagaimana akan memberikan hadiah kepada pemenang kontes. Misalnya jika hadiah kontes blog anda adalah berbentuk suatu produk atau barang, anda mungkin ingin membatasi kontes kepada orang-orang dalam wilayah geografis tertentu untuk mengurangi biaya pengiriman.

5. Mengidentifikasi Bagaimana Pemenang Akan Terpilih
Tergantung pada bagaimana kontes blog anda sudah diatur. Misalnya jika menggunakan Google sebagai juri, maka yang dapat menduduki posisi puncak halaman utama dalam hasil pencarian Google menggunakan keyword yang sudah anda tentukan maka itulah pemenangnya. Atau bisa juga dengan memilih pemenang secara acak atau subyektif. Jika secara acak, maka anda dapat menggunakan situs seperti Randomizer.org untuk secara otomatis menghasilkan pemenang.

6. Batas Waktu Penerimaan Hadiah
Jika hadiahnya berupa barang tentu anda tidak ingin harus menunggu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mendapatkan alamat mereka, sehingga anda dapat mengirim hadiah kepada mereka. Mengatur pembatasan yang menyatakan berapa banyak waktu untuk pemenang harus menanggapi setelah anda mengirim pemberitahuan hadiah kepada mereka melalui informasi kontak atau email. Jika dalam waktu yang sudah ditentukan mereka belum juga memberi tanggapan maka hadiah akan hangus dan pemenang alternatif akan dipilih kembali.

7. Posting Pengumuman
Setelah semua sudah anda persiapkan dengan matang, maka anda dapat langsung memposting untuk memberitahukan dan menarik banyak perhatian visitor agar menjadi calon peserta kontes. Jangan lupa untuk beritahukan juga kepada teman-teman di lingkup sekitar. Hal ini dalam rangka untuk menyebarkan pemberitahuan diselenggarakannya kontes blog anda lebih luas, karena kemungkinan besar juga sebagian dari visitor yang datang dan melihat posting tentang kontes tersebut, mereka juga akan posting tentang kontes di blog mereka sendiri dengan backlink ke posting kontes di blog anda.

Berlangganan artikel via email

27 Response to "7 Tips Persiapan Memulai Kontes Blog"

aqu masih wibie tentang kontes seo....y nyimak aja sob kunjungan perdana ...moga sukses sob..

Balas

ternyata ribet juga yah klw ikutan kontes seo, tips nya buanyak banget. maklum saya ndak pernah ikutan...mungkin suatu saat nanti. heheh

Balas

wah mantap ni mas tutornya, ijin BM siapa tau suatu hari ada minat ikutan kontes SEO

Balas

sebaga pemula Mang izin nyimak dulu.... terimakasih tipsnya gan..

Balas

Belum berminat gan, mngkn suatu ketika aja? :D

Balas

kontes seo itu yg gimna *garuk-garuk kepala .

Balas

keren sobat, thanks ya udah berbagi tips nih, bagus sekali

Balas

Kontes memang sarana yang cukup baik untuk meramaikan blog.. Ada lagi mas .. kasih giveaway, itu juga bagus mas..

Balas

berkunjung disini sambil baca kontes seo sob.. saya sih belum pernah ikutan sob.. masih nyubi.. :)

Balas

waduh tipsnya mantab sob, cuman belum pernah juga ikutan.
mungking lain waktu bisa coba

Balas

duh selama ini blm pernah ikut lomba blog :)

tapi suatu saat hal tips ini akan berguna untuk saya :D

[ Gabung yuk ke Direktori Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia ]

Balas

makasih sharenya ane juga lagi ikutan kontes di jejualan

Balas

woww... bener juga sih gan.. soalnya setiap ada kontes seo peminat bejibun dan semuanya memberikan link ke website penyelenggara

Balas

Untuk membuat kontes untuk blog kita memang sangat berguna untuk kemajuan suatu blog.. tapi untuk membuat sebuah kontes sangat rumit juga ya.. perlu kesiapan yg benar2 matang.

Balas

iya sob nyimak gratis kok.. terimakasih kunjungannya

Balas

bukan ikut kontes mbak, tapi memulai menyelenggarakan :)

Balas

silahkan mas, mungkin suatu saat mas alex mau ngadain kontes.. sapa tau ini bisa bermanfaat :)

Balas

silahkan gan, nyimak tidak di pungut biaya kok :) alias gratis..

Balas

iya betul :) minat bukan keterpaksaan gan..
terimakasih kunjungannya,

Balas

yang garuk2 kepala didepan monitor miz :)

Balas

terimakasih sudah berkunjung gan,

Balas

btw giveaway apaan artinya gan :D (maklum orang jawa gak pernah makan roti jadi gak tau bahasa luar)

Balas

biarpun rumit tapi pas liat hasilnya enak kok gan, kalo sebelumnya butuh persiapan matang namun sesudahnya bisa lumayan puas lah liat blognya udah cukup matang :)

Balas

Tips nya sangat membantu saya. Apa lagi saya sebagai bloger pemula. Makasih atas sharenya.

Balas

wow its great tipss thanks for sharing ..

Balas

blog ane belum siap mas, kalau mau buat Kontes.. :D

mungkin akan jadi salah satu target saya

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "7 Tips Persiapan Memulai Kontes Blog" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode