Tutorial Blog Mas Andes Official - Tips Blogging | Trik Blogger | Tutorial Blogger | Widget Blogger | Blog Design | Taktik SEO (Search Engine Optimization)

Khasiat Tanaman Asam Jawa

Khasiat Tanaman Asam Jawa
Khasiat Tanaman Asam Jawa – semua tentu sudah mengenal tanaman yang satu ini. Tanaman asam jawa mempunyai batang yang kuat dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang sedangkan bunganya berwarna kuning kemerahan. Asam jawa mengandung berbagai jenis asam, seperti asam sirat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat yang menyebabkan rasanya menjadi asam.
Didalam buah asam juga terkandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Buah asam selain digunakan untuk bumbu masak, dapat juga dibuat permen dan sari buah. Selain itu buah asam juga berkhasiat obat. Buah asam dapat dimanfaatkan diantaranya untuk mengobati asma, demam, sariawan, sakit perut, luka borok, dan rambut rontok. Adapun cara dan resep untuk membuat obat tradisional dengan memanfaatkan Khasiat Tanaman Asam Jawa:

Untuk mengobati sakit perut diperlukan 3 polong asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan kayu putih. Semua bahan dicampur menjadi satu dan digunakan sebagai obat gosok pada bagian perut yang sakit. Resep lain yang dapat digunakan sebagai obat gosok yaitu dengan menggunakan 3 polong buah asam jawa dan 1 potong gula aren. Seduhlah kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air panas dan disaring, lalu air hasil saringan diminum secara teratur.

Untuk mengobati sakit panas, sediakan 2 polong buah asam jawa yang telah masak dan garam secukupnya. Kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas kemudian disaring lalu air hasil saringan diminum. Namun yang harus diperhatikan resep ini tidak boleh diminum oleh ibu yang sedang hamil.

Untuk mengatasi rematik, petik satu genggam daun asam jawa dan 2 – 3 biji asam jawa. Kemudian tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus, selanjutnya bahan yang telah ditumbuk tersebut dikompreskan pada bagian yang sakit.

Untuk mengatasi luka baru, ini sangat mudah karena cukup dengan menempelkan daun asam jawa yang telah dikunyah terlebih dahulu kemudian tempelkan diatas pada bagian yang luka. Sedangkan untuk mengatasi luka borok, gunakan biji asam jawa yang sudah ditumbuk kemudian ditempelkan diatas bagian yang luka dan tutup dengan perban.

Untuk mengatasi sariawan, resepnya sediakan 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, dan 1 potong gula kelapa. Selanjutnya semua bahan tersebut direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Air hasil saringan diminum seperti biasa.

Selain buahnya, daun asam jawa juga dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Caranya tumbuk 150 – 200 daun asam jawa, lalu campur dengan 1 gelas air panas (200 ml). Setelah itu, diperas, disaring dan diminum untuk satu kali minum dengan penggunaan 3 kali minum sehari.

Berlangganan artikel via email

10 Response to "Khasiat Tanaman Asam Jawa"

Saya senang meramunya dengan gula merah untuk dijadikan minuman tonik. Serger Tenannnn... Terima kasih ya sudah berbagi...

Balas

Wah gak nyangka kalau asam punya kasiat yg banyak.. padahal itu salah satu kesukaanku [dlm bentuk permen asam tentunya] atau masih bentuk aslinya tapi dikasih gula dikit.. wah rasanya mantap, bisa ngilangin rasa mual.

Balas

Owh baru tau gan, thx infonya :)

Balas

enaknya ni asem campur rujak.

Balas

saya malah doyan yang udah mateng dari pohon tinggal caplok aja mas :D
hehehe..

Balas

kalo jamu asam urat doyan gak mas :) hehehe

Balas

terimakasih banyak sudah berkunjung gan :)

Balas

iyaa.. terimakasih kunjungannya

Balas

gak enak banget, masih enak rujak campur asem deh kayaknya

Balas
  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Khasiat Tanaman Asam Jawa" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode